Bisakah Mendaki Gunung dengan Sepatu Lari?

MALE INSPIRE.id – Memakai sepatu yang tepat ketika mendaki gunung sangat penting untuk memberikan pengalaman yang nyaman dan aman di jalur pendakian.

Biasanya ketika ingin mendaki gunung, kita berpikir untuk membeli sepatu khusus mendaki alias sepatu hiking.

Namun faktanya, Anda juga dapat memanfaatkan sepatu lari biasa (running shoes) sebagai pelindung kaki di medan pegunungan lho.

Baca juga: Sepatu Pemecah Rekor Dari adidas yang Mendominasi Di Tahun 2022

Seperti diberitakan Bioped, sepatu lari pada dasarnya didesain untuk digunakan berlari di trotoar atau permukaan halus lainnya. Walau demikian, sepatu lari juga bisa dipakai mendaki gunung dalam situasi tertentu.

Kesesuaian sepatu lari biasa untuk mendaki gunung tergantung pada tingkat kesulitan medan, durasi pendakian, serta preferensi dan kebutuhan pemakainya.

Keunggulan sepatu lari untuk mendaki gunung

Ada beberapa alasan mengapa sepatu lari merupakan pilihan yang tepat saat ingin mendaki gunung, antara lain:

Banyak bantalan

Rata-rata sepatu lari dirancang dengan banyak bantalan untuk membantu menyerap kekuatan benturan. Hal ini bermanfaat saat Anda melakukan pendakian jarak jauh.

Sepatu lari yang nyaman dan dibekali fitur yang mendukung juga sangat membantu ketika Anda harus menghadapi medan-medan yang sulit.

Baca juga: Adidas Meluncurkan Sepatu Ultraboost Teringan yang Pernah Ada

Bobot ringan

Dibandingkan sepatu hiking konvensional, bobot sepatu lari jauh lebih ringan.

Bobot sepatu adalah faktor utama yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan pendakian jarak jauh. Sepatu yang lebih berat kemungkinan justru menyebabkan pemakainya lebih sering kelelahan.

Fleksibel

Kendati tidak memberikan sistem penyangga pergelangan kaki layaknya sepatu hiking, sepatu lari cenderung lebih fleksibel.

Sepatu lari bisa dipakai baik di jalan setapak maupun di luar jalan setapak. Jenis sepatu ini bisa menjadi solusi jika Anda bingung memilih sepatu untuk digunakan di beberapa medan berbeda.

Baca juga: ASICS GEL-NIMBUS™ 26: Inovasi Terbaru untuk Kenyamanan Berlari Optimal

Tidak cocok di jalur off-road

Sayangnya, Anda tidak disarankan memakai sepatu lari untuk mendaki di jalur off-road karena besar kemungkinan kaki tidak mendapatkan dukungan atau perlindungan yang memadai.

Dalam situasi ini, diperlukan sepatu hiking yang memang didesain untuk menghadapi medan yang berat.

Maka dari itu, kenali dulu medan yang akan ditempuh sebelum memutuskan memakai sepatu lari untuk mendaki gunung.

Anda bisa bertanya kepada seseorang yang sudah pernah melakukan pendakian di sana atau warga setempat. Serta, tidak lupa menggali informasi seputar jalur pendakian tersebut di internet.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*