Inisiatif Move For The Planet dari Adidas Kembali Hadir Tahun ini

MALE INSPIRE.id – Mei tahun ini, Adidas mengumumkan kembalinya Move For The Planet, inisiatif global yang memanfaatkan gerakan kolektif untuk menciptakan dampak bersama.

Melalui inisiatif tersebut, Adidas mengajak setiap individu dari berbagai tingkatan olahraga di seluruh dunia untuk mengumpulkan waktu aktivitas fisik mereka.

Durasi aktivitas fisik ini akan dikonversi menjadi dana bagi proyek-proyek di daerah yang terkena dampak gelombang panas, banjir, dan cuaca ekstrem lainnya.

Baca juga: Sepatu Pemecah Rekor Dari adidas yang Mendominasi Di Tahun 2022

Dampak cuaca ekstrem terhadap fasilitas olahraga

Cuaca ekstrem semakin menunjukkan dampak pada tempat-tempat orang bermain dan berolahraga, mulai dari lapangan di lingkungan perumahan hingga arena olahraga internasional.

Diprediksi bahwa pada 2050, hampir seperempat stadion tim liga sepak bola Inggris (23 dari 92) akan mengalami banjir tahunan sebagian atau seluruhnya.

Studi lebih lanjut oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan, sekitar setengah dari kota yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin di masa mendatang kemungkinan tidak dapat menggelar pertandingan dalam jangka waktu yang sama.

Target Adidas untuk Move For The Planet 2024

Pada 2023, lebih dari satu juta orang ambil bagian dalam kegiatan Move For The Planet tahun pertama, di mana olahraga lari (63,1 persen), jalan kaki (17,9 persen) dan bersepeda (9,2 persen) menempati peringkat tiga besar olahraga dalam inisiatif ini.

Tahun 2024, Adidas memperluas kategori olahraga hingga lebih dari 100 jenis, termasuk sepak bola, kayak, lompat tali, powerlifting, dan banyak lagi.

Baca juga: Adidas Usung Kembali Sepatu Lari Era 2000-an

Dalam Move For The Planet edisi 2024, setiap sepuluh menit gerakan yang tercatat di aplikasi Adidas Running antara 10-22 Mei 2024, Adidas akan menyumbangkan 1 Euro (sekitar Rp 17.000).

Setelah terkumpul hingga mencapai 1,5 juta Euro (setara Rp 25,8 miliar), dana itu akan digunakan untuk membuat materi pelatihan tentang keberlanjutan dan peningkatan ketahanan fasilitas terhadap cuaca ekstrem yang bisa diakses publik, serta pengadaan sesi latihan bagi LSM dan organisasi-organisasi lainnya.

Ashley Czarnowski, Direktur Senior Global Purpose Marketing di Adidas mengaku pihaknya senang dapat melanjutkan inisiatif Move for The Planet, yang telah menyatukan komunitas lebih dari satu juta orang di seluruh dunia.

“Tahun ini, orang-orang dapat mencatat gerakan mereka di lebih dari 100 olahraga. Kami juga memperluas dampak program untuk mencakup serangkaian proyek dan inisiatif baru,” papar Czarnowski dalam keterangan pers yang diterima maleinspire.id.

“Baik itu berpartisipasi di tingkat akar rumput atau kompetisi level tertinggi, kita semua memiliki hubungan yang dalam dengan tempat kita bermain.”

“Bersama-sama, kita dapat bersatu sebagai komunitas olahraga global untuk membantu tempat tersebut, dengan membuat fasilitas olahraga lebih tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem dan memberikan pendidikan tentang keberlanjutan,” tambah Czarnowski.

Baca juga: Adidas Bikin Kaus Khusus, Rayakan Persatuan di Indonesia

Gandeng Common Goal

Sebagai mitra utama Adidas dalam inisiatif besar ini, Common Goal bertujuan menggerakkan masyarakat untuk menuju masa depan yang lebih berkelanjutan melalui olahraga.

Pasalnya, olahraga dinilai mampu menyatukan berbagai organisasi, komunitas, atlet, klub, brand dan stakeholder untuk bersama-sama menuju kesejahteraan manusia dan planet Bumi.

“Kami sangat bangga menyambut Move For The Planet tahun kedua ini,” jelas Olivia Baston Pitt, Senior Impact Sponsorship Manager di Common Goal.

“Kesuksesan di tahun lalu berarti kita dapat meningkatkan aksesibilitas olahraga bagi para individual yang tak selalu memiliki fasilitas yang sama.”

Untuk informasi lebih lanjut tentang inisiatif Move for The Planet, Anda dapat mengunjungi situs adidas.com/movefortheplanet.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*