Kopi Dicampur Daun Bawang, Bagaimana Rasanya?

Ilustrasi es kopi

MALE INSPIRE.id – Kopi yang dicampur susu, biskuit, atau buah-buahan mungkin terdengar biasa, tapi pernahkah Anda minum kopi yang dicampur daun bawang?

Beberapa waktu lalu, beredar tren di China di mana masyarakat setempat minum spring onion latte atau kopi latte daun bawang. Ya, Anda tidak salah baca.

Sebagaimana dilaporkan Must Share News, spring onion latte merupakan sajian kopi yang dicampur potongan-potongan kecil daun bawang. Minuman ini juga dikenal sebagai green onion latte atau spring onion coffee.

Baca juga: Hindari Minuman Berkafein saat Mengonsumsi Makanan ini

Tidak sedikit yang memperdebatkan dampak campuran daun bawang terhadap rasa kopi. Sebab, daun bawang memiliki rasa yang tajam dan bau yang kuat.

Daun bawang sebagai topping kopi

Kebanyakan penjual kopi daun bawang di China membuat minuman ini dengan meletakkan potongan daun bawang ke dasar gelas, kemudian ditambahkan es batu, susu, dan kopi.

Ada juga penjual yang sedikit menekan daun bawang ke dasar gelas agar sari-sari daun keluar sebelum ditambahkan campuran kopi, dan ditaburi lagi dengan daun bawang di bagian atas sebagai topping. Jumlah daun bawang yang dimasukkan tidak sedikit, alias banyak.

Sedangkan, penjual lain membuat spring onion latte hanya dengan kopi susu yang disertai topping daun bawang.

Baca juga: Otten Perkenalkan Kopi Rasa Cokelat Pisang dan Kukis

Masuk dalam tren dark cuisine di China

Beberapa warganet merasa terkejut dan mengatakan bahwa mereka tidak pernah berpikir suatu hari nanti harus menjelaskan pesanan kopi mereka tidak memakai bawang, seperti dilansir NOW News.

“Apakah semua bisa dijadikan latte?” tanya seorang warganet lainnya.

Sementara itu, dilaporkan Enanyang, ada tren bernama “dark cuisine” yang sedang viral di China. Dark cuisine, atau hei an liao li dalam bahasa Mandarin berarti makanan yang menguji daya pikir seseorang.

Umumnya, dark cuisine terdiri dari kombinasi makanan aneh dan menantang hal-hal konvensional mengenai apa yang dianggap makanan yang menarik.

Sebelum kopi daun bawang viral di media sosial, sudah ada beberapa sajian kopi lain yang tidak kalah uniknya di Negeri Tirai Bambu.

Baca juga: Pekan Kopi Nusantara, 11 Hari untuk Cicip Kopi dari Pelosok Indonesia

Sebut saja kopi tiram dari Guangdong, latte kuah daging sapi dari Ningxia, nasi yang di-infuse kopi dari Shanghai, latte saus kedelai, telur yang dicampur ke dalam kopi, dan banyak lagi.

Beberapa warganet mengatakan, esensi dari kopi khusus tersebut adalah mengubah kombinasi klasik kopi dan susu menjadi kopi dengan kombinasi bebas.

Tanggapan yang beragam

Dilansir laman Yahoo Taiwan, banyak tempat makan di China yang telah membuat kopi daun bawang dan mengunggahnya di media sosial untuk hiburan.

Rasa unik dari perpaduan kopi dan daun bawang bisa menjadi peluang bisnis, jika orang-orang menyukai rasa kopi tersebut.

Ada sebagian orang yang mengaku spring onion latte enak, di mana mereka menyukai keunikan rasanya.

Namun, sebagian lain mengklaim minuman tersebut membuat mereka kehilangan selera makan.

Kabar terbaru, tren kopi daun bawang sudah merambah masuk ke Indonesia.

Apakah Anda tertarik mencicipinya?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*