Piringan Hitam The Beatles Langka Terjual Lebih dari Rp 100 Juta

MALE INSPIRE.id – Sebuah salinan album grup musik legendaris The Bealtes terjual dalam acara lelang dengan harga fantastis.

Seperti diberitakan NHK World, salinan album piringan hitam berjudul “Beatles ’65” itu dilepas seharga 1,2 juta yen, atau sekitar Rp 124 juta dalam acara lelang di Jepang.

Menurut para kolektor, piringan hitam The Beatles yang dilelang pada Senin (6/5/2024) lalu di sebuah toko musik di kota Nagoya sangat langka.

Baca juga: Pengakuan Mengejutkan Jon Bon Jovi Mengenai Lagu Andalannya

Pasalnya, label album “Beatles ’65” tersebut dicetak dalam warna cokelat.

Album-album artis Barat sering kali dijual di Jepang dengan label kertas dililitkan di bagian sampul, yang berisi terjemahan judul dan informasi lain dalam bahasa Jepang.

Honda Yasuhiro, pakar The Beatles yang juga menilai barang-barang yang berkaitan dengan grup musik asal Liverpool, Inggris menekankan kelangkaan piringan hitam itu sebelum dilelang.

Yasuhiro mengatakan, ini adalah keempat kalinya dalam 35 tahun ia melihat album “Beatles ’65” dengan label cokelat.

Baca juga: 5 Lagu Terbaik The GazettE untuk Mengenang REITA Sang Bassist

Beberapa kolektor memperkirakan nilai album piringan hitam The Beatles berdasarkan warna label. Album “Beatles ’65” mulai dijual pada tahun 1965 di Negeri Sakura.

Penawaran dibuka dari harga 5.200 dollar AS (kira-kira Rp 83,6 juta). Pemenang lelang mengajukan penawaran secara daring dengan nilai 7.800 dollar AS atau setara Rp 124 juta.

Seorang pria yang ikut serta dalam acara lelang mengatakan bahwa lelang tersebut layak untuk diikuti, karena ia hanya pernah melihat salinan piringan hitam itu di buku.

Sementara itu, pria lain mengatakan bahwa nilai piringan hitam tersebut dianggap masih rendah apabila terjual dengan harga 1 juta yen. Meski faktanya, ia sendiri tidak mampu membayar sebanyak itu.

Baca juga: Mdou Moctar Rilis Single Baru Bertajuk Imouhar

Ini bukan pertama kalinya item memorabilia The Beatles masuk lelang.

Sebelumnya, pada 22 Maret 2016, album piringan hitam lain grup yang didirikan John Lennon tersebut terjual senilai 110.000 dollar AS, atau kira-kira Rp 1,4 miliar pada saat itu.

Pembelinya adalah kolektor asal Inggris yang identitasnya dirahasiakan. Ia berhasil mengalahkan penawar lain dari Amerika Serikat, China, dan Jerman.

Piringan hitam berukuran 10 inci yang berasal dari tahun 1962 itu merupakan karya rekaman pertama The Beatles sebelum band tersebut tenar.

Di dalamnya, terdapat beberapa lagu seperti Hello Little Girl (lagu paling pertama yang ditulis John Lennon), serta Till There Was You.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*