Trik Menerapkan Tidur Siang ala Pasukan Navy SEAL

MALE INSPIRE.id – Tidur siang dianggap sebagai rutinitas istirahat yang hanya dibutuhkan oleh anak. Setelah tidur siang, anak seringkali menjadi lebih tenang dan fokus.

Faktanya, tidur siang juga bisa memiliki efek positif yang serupa pada orang dewasa, khususnya mereka yang cenderung tidur larut malam.

Lalu bagaimana jika kita tidak terbiasa tidur siang? Salah satu trik yang bisa dicoba adalah tidur siang ala pasukan khusus Angkatan Laut AS, Navy SEAL.

Baca juga: 7 Tips Hilangkan Mata Panda yang Mengganggu Dengan Mudah

Viral di internet

Teknik tidur Navy SEAL banyak dibahas di internet karena disebut-sebut dapat memberikan tidur siang yang sempurna.

Teknik tidur siang selama delapan menit ini dibagikan penulis, podcaster, sekaligus pensiunan perwira Navy SEAL, Jocko Willink dalam podcast The Drive pada 2019, dan viral di tahun 2022 di TikTok.

“Metode tidur Navy SEAL pada dasarnya adalah taktik tidur untuk tujuan tidur siang yang cepat,” jelas psikolog Candice Seti, PsyD, seperti dilaporkan Real Simple.

Baca juga: Bahaya Begadang yang Mungkin Pria Sering Lupakan

Sementara itu, menurut psikolog klinis dan spesialis perilaku tidur Amy Lowery Allison, PhD, prinsip dasar teknik tidur Navy SEAL berakar dari teknik yang dipromosikan oleh spesialis tidur.

Teknik tersebut melibatkan relaksasi tubuh, ketenangan pikiran, serta beberapa aspek kognitif untuk mendapatkan manfaat tidur yang positif.

Tips tidur siang Navy SEAL

Saat akan melakukan tidur siang Navy SEAL, kita perlu mengatur ketinggian dan sirkulasi kaki.

Cobalah berbaring telentang di lantai, dan letakkan kedua kaki di atas kasur atau kursi. Tekuk pinggul 90 derajat dengan lutut tepat berada di atas pinggul.

Baca juga: Konsentrasi Berantakan. Ini Dia 6 Penyebabnya

Seti mencatat, posisi kaki di atas jantung akan membuat tekanan darah di kaki turun, sehingga membuat jantung dan otak menjadi lebih mudah rileks.

Anda pun dapat mencoba teknik tersebut dengan berbaring di kasur, dan meletakkan satu-dua bantal di bawah kaki sebagai penyangga. Pada intinya, posisi kaki harus lebih tinggi daripada jantung.

Teknik tidur Navy SEAL ditujukan untuk memudahkan tidur siang dalam waktu singkat, bukan sesi tidur dengan durasi yang lebih lama di malam hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*