Konsentrasi Berantakan. Ini Dia 6 Penyebabnya

Entah berapa kali Anda membaca buku, tapi tetap merasa kesulitan untuk memahami dan konsentrasi.  Tentu saja hal ini tidak menyenangkan bahkan kesal dengan kondisi tersebut.

Jangan panik dulu, bisa jadi Anda dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk menyerap semua ilmu. Nah, kita punya punya beberapa hal yang mungkin menjadi masalah dari susah konsentrasi hingga bikin mandek Anda dalam memahami pelajaran.

Berikut beberapa diantaranya:

Kurang Tidur

Hayoo, apakah Anda termasuk yang sering terlambat tidur hingga tengah malam atau tidak tidur sama sekali?

Walau terlihat sepele,  akibat kurang tidur termasuk penyebab sulit konsentrasi paling krusial. Karena pada dasarnya tubuh Anda membutuhkan istirahat, setidaknya delapan jam. Bila kurang dari itu, dan sering dilakukan. Maka kesehatan tubuh akan berkurang, mood berantakan, dan pastinya daya konsentrasi Anda jadi tidak maksimal.

Kurang Berolahraga

 Olahraga sering dikaitkan dengan tubuh yang ideal dan sehat. Tapi disisi lain juga punya manfaat lain loh. Jika dibandingkan, tingkat konsentrasi orang yang berolahraga dan yang tidak, maka yang secara rutin beraktivitas olahraga memiliki daya konsentrasi yang lebih baik.

Hal ini disebabkan, aliran darah yang lebih lancar ke semua area tubuh termasuk otak.

Jenis Makanan yang Buruk

Bukan soal olahraganya saja, tapi apa yang Anda konsumsi juga menjadi hal penting untuk diperhatikan.  Pilihan yang beragam ditambah akses untuk mendapatkan yang semakin mudah, ekskplorasi kuliner Anda menjadi beragam.

Tapi kemudahan itu jangan sampai membuatmu terlena. Pastikan pula apa yang Anda konsumsi merupakan makanan yang sehat.

Dengan nutrisi yang tepat dan sehat, konsentrasi maksimal bisa Anda capai. Dan efek dominonya, Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal.

Stres Berlebihan

Banyak masalah atau hal yang dipikirkan juga tak luput membuat Anda sulit berkonsentrasi. Entah urusan cinta, pekerjaan, dan lainnya punya dampak yang kuat membuat konsentrasi jadi bercabang.

Coba dech, untuk mencari akar dari permasalahan yang membuat Anda stres lalu selesaikan dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa kembali fokus konsentrasi ke proses belajar atau bekerja Anda.

Multitasking

Bagi Anda yang sering multitasking atau melakukan beragam hal secara bersamaan, pasti pernah mengalami kelelahan dan kesulitan dalam berkonsentrasi. Bahkan bukan tidak mungkin, hasil yang didapatkan tidak maksimal.

Untuk itu, bila memungkinkan pastikan setiap hal yang Anda lakukan berada dalam kondisi fokus total. Dengan menyelesaikan satu per satu hingga tuntas, termasuk saat Anda sedang bekerja. Sehingga ilmu yang Anda dapatkan bisa penuh, tanpa rentan tercampur dengan urusan yang lain

Terlalu sering Membuka media sosial & Smartphone

Saat Anda memang di kondisi ingin belajar atau bekerja, media sosial dan smartphone sering menjadi cobaan untuk mengusik konsentrasi Anda. Chat dari teman hingga rangkaian update di media sosial, secara tidak disadari bisa menghancurkan konsentrasi Anda dan juga membuang waktu berharga Anda.

Maka dari itu, bila memang Anda membutuhkan fokus konsentrasi maksimal , coba jauhkan perangkat komunikasi untuk sementara dan tahan dulu keinginan membuka sosial media.

1 Trackback / Pingback

  1. Mimpi Kehilangan Pekerjaan, Mungkin ini Sebabnya - Male Inspire

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*