7 Keuntungan Olahraga Malam Hari, Sudah Tahu?

MALE INSPIRE.id – Meski waktu olahraga yang disarankan adalah pagi hari, sebagian orang tetap memilih olahraga malam hari karena alasan pekerjaan atau gaya hidup.

Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa olahraga malam memiliki manfaat kesehatan yang tidak jauh berbeda dari olahraga pagi.

Pada dasarnya, olahraga malam hari lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali. Setidaknya, Anda disarankan berolahraga selama 30 menit setiap hari untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Baca juga: Nantikan Galaxy AI di Galaxy Watch Terbaru, Bantu Kamu Makin Termotivasi Hidup Sehat!

Ada beberapa manfaat olahraga malam hari yang dapat diperoleh, merangkum dari berbagai sumber:

Meningkatkan kekuatan otot

Jika Anda bertujuan untuk memaksimalkan kekuatan otot, bisa merencanakan olahraga di sore atau malam hari.

Dilansir laman Planet Fitness, studi yang diterbitkan dalam Journal of Sports Science & Medicine menemukan, kinerja otot mencapai puncaknya pada sore dan malam hari karena fluktuasi kadar hormon dan suhu inti tubuh.

Menurunkan kadar stres

Rutin berolahraga di malam hari secara signifikan dapat membantu menurunkan kadar stres dalam tubuh.

Aktivitas tersebut memicu produksi hormon endorfin, hormon yang memberikan rasa tenang di bagian otak.

Baca juga: Push Up vs Plank, Mana Olahraga yang Lebih Baik?

Pikiran menjadi lebih jernih

Sepertinya halnya olahraga pagi, olahraga malam juga bisa menjernihkan pikiran, terutama setelah kelelahan bekerja atau beraktivitas.

Ketika berolahraga, tubuh memproduksi hormon endorfin yang mengurangi kadar stres dan bisa memperbaiki suasana hati, sehingga Anda bisa berpikir dengan lebih baik.

Memiliki lebih banyak energi

Seperti dilaporkan SELF, studi menunjukkan bahwa kita bisa berolahraga hingga 20 persen lebih lama di malam hari, dengan intensitas yang lebih tinggi.

Itu artinya, Anda mungkin memiliki lebih banyak energi untuk latihan kardio dan latihan kekuatan di malam hari dibandingkan di pagi hari.

Menurunkan ketegangan tubuh

Duduk dalam waktu lama dapat memicu kaku pada otot leher, bahu, punggung, dan pinggul.

Untuk mengatasinya, disarankan melakukan peregangan di malam hari. Cara ini juga dapat memberikan efek rileks, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Baca juga: Apakah Seks Termasuk Jenis Olahraga? Begini Kata Ahli

Tidur lebih nyenyak

Menurut The Washington Post, olahraga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan lebih lama, terlepas dari waktu olahraga.

Faktanya, berolahraga di malam hari bisa membuat Anda tertidur lebih cepat.

Meningkatkan gairah seksual

Setelah bekerja, kebanyakan pasangan mengalami penurunan gairah seksual karena lelah dan stres. Namun, berolahraga di malam hari membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

Olahraga malam efektif meningkatkan energi dalam tubuh, sehingga rutinitas seksual sepulang kerja menjadi lebih menyenangkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*