8 Kebiasaan Unik yang Dilakukan Orang Cerdas

MALE INSPIRE.id – Banyak ilmuwan telah mengamati perilaku-perilaku manusia untuk berbagai tujuan, salah satunya adalah mengetahui kebiasaan orang cerdas.

Dari berbagai studi yang dilakukan, ternyata orang yang diberikan kecerdasan di atas rata-rata mempunyai beberapa kebiasaan unik.

Kira-kira apa saja kebiasaan unik tersebut? Simak penjelasan di bawah ini, dilansir laman The Healthy.

Baca juga: Cara Mendapatkan Kebahagiaan ala Introvert

Membiarkan meja berantakan

Dalam sebuah eksperimen dari University of Minnesota, orang-orang di lingkungan yang berantakan menghasilkan lebih banyak ide kreatif dibandingkan mereka yang berada di tempat rapi.

“Lingkungan yang tidak teratur tampaknya menginspirasi untuk membebaskan diri dari tradisi, yang dapat menghasilkan wawasan baru,” kata penulis studi Kathleen Vohs, PhD.

“Sebaliknya, lingkungan yang teratur mendorong konvensi dan bermain aman,” lanjut Vohs.

Begadang

Studi dari para peneliti di London School of Economics and Political Science menemukan bahwa orang yang cenderung tidur lebih lambat memiliki IQ lebih tinggi.

Peneliti percaya, hal ini merupakan hasil dari evolusi manusia.

Malam hari dulunya merupakan waktu yang lebih berbahaya daripada siang hari. Karena itu, nenek moyang yang menjelajah di malam hari harus lebih waspada.

Tetap terjaga hingga larut malam biasanya membuat seseorang dengan rasa ingin tahu yang besar menemukan ide baru yang menarik. Beberapa orang juga sering bangun larut malam untuk berpikir dan menyelesaikan pekerjaan tanpa gangguan.

Senang mandi air dingin

Belum ada banyak kajian ilmiah tentang hal ini, namun studi di Finlandia menemukan bahwa adaptasi terhadap air dingin dikaitkan dengan penurunan ketegangan dan kelelahan yang signifikan, serta peningkatan suasana hati.

Itulah alasannya beberapa orang tetap berenang di musim dingin, karena aktivitas tersebut dapat meningkatkan fungsi dan produktivitas otak.

Baca juga: Tanda yang Menunjukkan Seorang Wanita Psikopat

Terganggu dengan suara mengunyah

Sebuah studi dari Northwestern University menyimpulkan, orang-orang yang diuji dengan kognisi kreatif tinggi cenderung tidak mampu menyaring informasi sensorik yang tidak relevan –seperti mendengar orang mengunyah permen karet.

Para peneliti menduga, hal ini berhubungan dengan alasan orang cerdas yang cenderung begadang, yaitu suka bekerja tanpa gangguan.

Menyukai doodle atau mencorat-coret

Hasil studi dari Inggris menemukan bahwa orang mampu mengingat 29 persen lebih banyak informasi jika mereka membuat doodle alias mencorat-coret.

Mencorat-coret tanpa berpikir memiliki manfaat untuk memori, serta memberi otak cara visual untuk mengekspresikan konsep dan emosi.

Melamun

Menurut studi dari para peneliti di University of California, ketika diberi tugas yang menuntut, peserta yang mengambil waktu istirahat untuk tugas-tugas tertentu bernasib lebih baik.

Para peneliti berteori, memberi otak masa inkubasi dengan membiarkan otak melamun selama tugas tanpa berpikir, meningkatkan pemecahan masalah dan kreativitas.

Baca juga: Introvert vs Social Anxiety, Serupa Tapi Tak Sama

Berbicara sendiri

Orang yang berbicara sendiri kerap dipandang kurang waras. Faktanya, bergumam pada diri sendiri merupakan tanda kemampuan berpikir, ingatan, dan persepsi yang lebih tinggi dari biasanya.

Dalam studi yang dilakukan peneliti di University of Wisconsin dan University of Pennsylvania, partisipan diminta untuk mengingat dan menemukan objek.

Hasilnya, partisipan lebih mampu mengingat daftar objek yang harus dicari jika mereka menyebutkan nama-nama objek dengan lantang.

Menyendiri

Peneliti dari Inggris dan Singapura meminta 15.000 orang berusia antara 18-28 tahun untuk mengikuti survei dan tes IQ.

Diketahui, orang yang sangat cerdas tidak bahagia dengan hidup mereka jika terlalu sering bersosialisasi.

Para penulis berteori bahwa sikap anti sosial ini disebabkan oleh gesekan evolusioner antara otak kita dan lingkungan sosial.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*