5 Tips Memulai Side Hustle, Kerja Sampingan Sesuai Minat

MALE INSPIRE.id – Perubahan kondisi ekonomi dan inflasi membuat banyak orang berupaya menghasilkan lebih banyak uang, salah satunya dengan memiliki side hustle.

Side hustle atau disebut kerja sampingan bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan minat dan keterampilan yang Anda miliki.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari menulis artikel, membuat konten di media sosial, menjadi YouTuber, atau bahkan food photographer.

Baca juga: Quiet Hiring, Fenomena Baru di Dunia Kerja yang Perlu Diwaspadai

Tips melakukan side hustle

Sebelum memulai side hustle, pahami lima tips berikut agar bisa menambah pemasukan bulanan, seperti dikutip laman Time:

1. Pilih side hustle sesuai minat dan keterampilan

Sebelum memulai kerja sampingan, pertimbangkan jenis side hustle yang dipilih dengan hati-hati dan matang. Ketika Anda memiliki keterampilan dan menyukai apa yang dikerjakan, maka kesempatan untuk sukses akan datang.

Misalnya saja, jika Anda pandai mengambil gambar atau foto tetapi kurang suka menjalaninya, maka Anda perlu memikirkan ulang jika profesi tersebut ingin dijadikan pekerjaan sampingan.

Kenali keterampilan apa yang Anda miliki sekaligus Anda senangi. Jika Anda mampu mengedit video dengan software dan senang membuat konten video, maka YouTuber bisa menjadi pilihan pekerjaan yang tepat.

Baca juga: 5 Frasa ini Perlu Dikatakan Pelamar dalam Wawancara Kerja

2. Berkomitmen terhadap waktu

Jika sudah memiliki pekerjaan tetap, Anda perlu mempertimbangkan waktu senggang untuk mengerjakan kerja sampingan dan berkomitmen dengan itu.

Perhatikan kesibukan dan ketahanan Anda dalam mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Manajemen waktu yang baik dan berkomitmen dengan tanggung jawab itu adalah kunci agar side hustle bisa dikerjakan secara baik.

Jika biasanya Anda mempunyai waktu untuk scrolling media sosial, maka gunakan waktu tersebut untuk bekerja sampingan yang Anda ingin lakukan.

3. Membuat business plan

Demi menghasilkan uang ekstra, Anda juga perlu membuat business plan tentang apa yang ingin ditawarkan kepada klien sebagai side hustle Anda.

Lihat permasalahan yang sering ditemui di sekitar, susun rencana bisnis, kenali potensi dan nilai yang bisa ditawarkan, tentukan target pasar, lalu pasarkan.

Jika memiliki bisnis atau keahlian tertentu, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan itu. Jangan lupa memperbanyak portofolio hasil karya dan pencapaian Anda.

Baca juga: Tips Menghindari Selingkuh di Lingkungan Pekerjaan

4. Mengalokasikan dana dan membuat tujuan side hustle

Pertimbangkan apakah hasil yang Anda dapatkan setimpal dengan waktu yang dihabiskan. Jangan sampai usaha Anda dinilai rendah dan tidak realistis.

Tetapkan tujuan dari hasil penghasilan Anda. Apa yang akan Anda lakukan dengan uang yang didapatkan dari side hustle? Mungkin Anda bisa menabung untuk liburan, atau membayar cicilan.

5. Pilih skema yang sesuai

Sebagai kerja sampingan, penting untuk menentukan skema side hustle sesuai diri Anda.

Ada banyak skema kerja sampingan yang bisa Anda pilih. Mulai dari bisnis pribadi, bisnis keluarga, bermitra, membangun perseroan terbatas dengan teman, atau investasi di bisnis rekanan Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*