Dilelang, Bola Emas Diego Maradona di Piala Dunia 1986

MALE INSPIRE.id – Bola Emas atau Golden Ball yang diraih legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona usai dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Dunia 1986 siap dilelang pada 6 Juni mendatang.

Menurut rumah lelang Aguttes, trofi itu merupakan Bola Emas pertama yang dilelang. Meski nilainya belum dapat dipastikan, rumah lelang tersebut memprediksi Bola Emas Maradona akan terjual dengan harga jutaan dollar AS.

Maradona, yang wafat pada 2020 lalu berhasil menerima penghargaan tersebut usai mengantarkan Argentina meraih trofi Piala Dunia di Meksiko. Sepanjang turnamen, kapten tim Tango itu sukses membukukan lima gol.

Baca juga: Inisiatif Move For The Planet dari Adidas Kembali Hadir Tahun ini

Kilas balik Piala Dunia 1986

Seperti diberitakan Reuters, Piala Dunia edisi 1986 bisa dibilang sebagai Piala Dunia yang paling dikenang banyak orang, mengingat dua gol Maradona ke gawang Inggris pada babak perempat final.

Saat mencetak gol pertama di menit ke-51, Maradona melompat lebih tinggi dari kiper Inggris Peter Shilton dan melakukan gerakan meninju bola.

Dalam tayangan ulang, terlihat jelas Maradona menggunakan tangan kirinya untuk membelokkan bola masuk ke gawang.

Meski demikian, Ali Bin Nasser, wasit yang saat itu memimpin pertandingan tidak menganulir gol tersebut. Alhasil, gol itu dikenang sebagai gol “Tangan Tuhan”.

Baca juga: Hublot x Kylian Mbappe Luncurkan Jam Tangan Big Bang untuk Euro 2024

Gol kedua Maradona pada menit ke-55 juga tak kalah mengejutkan. Ia melakukan aksi individu dari tengah lapangan dengan melewati lima sampai enam pemain Inggris, termasuk Peter Shilton, sebelum mendaratkan bola ke gawang Inggris dengan kaki kanannya.

Jersey yang dia kenakan, bersama bola dari pertandingan Argentina melawan Inggris di perempat final Piala Dunia 1986, sebelumnya telah dijual dalam lelang.

Usai pertandingan fenomenal itu, Maradona kembali mencetak dua gol saat mengalahkan Belgia di babak semifinal dan mengantarkan Argentina menjadi juara turnamen, mengandaskan perlawanan Jerman Barat dengan skor 3-2.

Bola Emas diperkenalkan pada 1982

Penghargaan Bola Emas mulai diperkenalkan di Piala Dunia 1982. Selain Maradona, ada sederet pemain lain yang berhasil meraih penghargaan ini, termasuk Paolo Rossi (Italia), Romario dan Ronaldo (Brasil), dan Zinedine Zidane (Prancis).

Baca juga: Heineken Kembali Bawa Trofi Liga Champions ke Indonesia

Sedangkan, Lionel Messi yang juga berasal dari Argentina merupakan satu-satunya pemain yang memenangi Bola Emas sebanyak dua kali.

Sempat hilang dari peredaran

Bola Emas Maradona sempat hilang sebelum muncul kembali di antara beberapa lot piala dalam sebuah ruang lelang.

Baru-baru ini, Bola Emas tersebut dipercayakan kepada rumah lelang Aguttes, yang melakukan penyelidikan tentang asal-usul trofi dan berhasil mengonfirmasi bahwa itu merupakan Bola Emas Adidas milik Maradona.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*