MALE INSPIRE.id – Belum lama ini, CEO Instagram, Adam Mosseri mengumumkan fitur baru Instagram, yang memungkinkan kreator konten memantau jumlah penayangan dari sebuah konten.
Fitur baru bernama Views ini diumumkan Mosseri melalui akun Instagram pribadinya pada Kamis (8/8/2024).
Fitur tersebut akan menjadi patokan utama dalam meninjau sejauh mana konten Instagram Reels ditonton, diputar ulang, dan menjangkau audiens baru.
Baca juga: Mengenal DuckDuckGo, Mesin Pencari Mirip Google yang Diblokir Kemenkominfo
Pengukuran konten ini juga akan hadir tidak hanya di IG Reels saja, tetapi juga Stories, Feeds, dan sebagainya.
“Secara historis, kami menunjukkan metrik berbeda antara Reels dan posting-an lain (Feeds),” ujar Mosseri dalam keterangannya di Instagram.
“Kini, kami ingin mengembangkan fitur Views untuk mempermudah pemahaman soal kinerja konten Anda, terlepas dari bentuk formatnya.”
Tampilan “Insights” di tiap konten Instagram juga bakal mengalami sedikit perubahan.
Baca juga: Modus Penipuan Telepon Asing Menggunakan AI Marak di Korea Selatan
Sedikit gambaran, tampilan Insight di konten non-Reels sebelumnya berfokus pada Reach (jumlah akun yang melihat konten setidaknya satu kali), dan Impressions (munculnya konten di layar pengguna).
Sementara itu, Insights di IG Reels berfokus pada Reach, Plays (jumlah konten ditonton, diputar ulang, total durasi konten sudah ditonton, dan rata-rata menonton konten), dan Reels Interactions.
Dengan adanya perubahan ini, fitur Plays tadi akan diganti dengan nama Views, yang berlaku untuk seluruh konten IG Reels, Feeds, Carousel, dan lainnya.
Seluruh kreator nantinya bisa melihat jumlah penonton dari konten dalam bentuk format apapun.
Laporan Views akan tetap disertai dengan informasi Reach, informasi untuk mengukur sejauh mana konten yang diunggah menjangkau audiens.
Reach terdiri dari Account Reach dan Accounts Engaged (akun yang menjadi terhubung, terikat dengan konten yang dibagikan).
Baca juga: Mengenal MrBeast, YouTuber Pertama di Dunia dengan 300 Juta Pengikut
Menurut Mosseri, gabungan antara Reach dan Views akan memudahkan kreator mengukur performa dari konten Instagram. Reach dan Views akan menjadi dua metrik terpenting di Instagram.
“Kedua metrik mungkin menjadi yang paling penting bagi siapapun yang ingin mencoba memahami kinerja konten mereka di Instagram,” tambah Mosseri.
Kreator nantinya juga akan menemukan perubahan tampilan di halaman Insights, laporan performa seluruh konten yang sudah dibagikan di sebuah akun.
Hanya saja, tampilannya bukan tertulis “Overview”, melainkan “Views”, yakni total views dari seluruh konten. Pengguna yang menonton akan dikategorikan menjadi dua bagian, yakni followers non-followers.