Agenda Elon Musk di Indonesia, Hadiri World Water Forum ke-10 dan Luncurkan Layanan Internet Starlink

MALE INSPIRE.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan menyambut Elon Musk, CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Minggu (19/5/2024).

Musk tiba di Bali untuk menghadiri KTT World Water Forum ke-10. Dijadwalkan, Presiden RI Joko Widodo bersama Musk juga meluncurkan Starlink di salah satu Puskesmas di Denpasar.

“Saya berkesempatan menjemput Elon di bandara pagi ini, kemudian membicarakan beberapa agenda beliau selama di sini. Tentunya beberapa kerja sama penting,” jelas Luhut dalam keterangan pers yang diterima maleinspire.id.

Baca juga: Elon Musk Pangkas Karyawan Tesla Besar-besaran, Ada Apa?

Salah satu kerja sama yang dimaksud Luhut yaitu layanan internet Starlink yang bisa menjangkau hingga wilayah pelosok di Indonesia.

Sebagai catatan, Starlink adalah layanan internet satelit yang dikembangkan oleh SpaceX, perusahaan teknologi milik Elon Musk.

Starlink menggunakan konstelasi satelit pada orbit rendah bumi (low earth orbit/LEO). Nantinya, pengguna Starlink hanya memerlukan perangkat penerima kecil yang dikenal sebagai antena parabola atau dish untuk dapat terhubung ke jaringan satelit.

Baca juga: Pesona Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Bali, Tempat World Water Forum ke-10 Digelar

Kerja sama ini sebagai bentuk pemerataan akses internet di seluruh provinsi di Tanah Air yang akan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan dan pendidikan, sehingga kualitas kedua layanan tersebut bisa terus meningkat.

Luhut berharap, melalui peluncuran layanan internet Starlink, masyarakat di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet yang cepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*