MALE INSPIRE.id – Bekerja di lingkungan kantor yang bebas dari drama merupakan harapan banyak karyawan. Namun terkadang, ada saja masalah yang bisa menimbulkan drama.
Drama di kantor dapat melibatkan siapa saja, mulai dari drama antara atasan, atasan dengan karyawan, hingga sesama karyawan.
Sebenarnya, ada cara tepat untuk menghadapi drama di kantor dengan bijak dan kita bisa tetap tenang selama bekerja.
Baca juga: Aturan Baru di Australia, Perusahaan Hubungi Karyawan di Luar Jam Kerja akan Didenda
Kiat menghadapi drama di kantor
Inilah tips yang disarankan founder dan CEO Talkinc, Erwin Parengkuan agar tidak terjebak dalam arus drama di kantor.
1. Bersikap dewasa secara emosional
Cara pertama adalah melatih diri menjadi dewasa atau matang secara emosional.
Ketika seseorang sudah matang secara emosional, mereka tidak akan mudah terbawa oleh perasaan.
Baca juga: Cara Jawab Pertanyaan ‘Mengapa Anda Ingin Pekerjaan ini’ saat Wawancara Kerja
“Kita lebih banyak menggunakan asesmen atau menganalisis mengapa situasi tersebut terjadi,” tutur Erwin.
Ketika sudah mengetahui mengapa drama kantor terjadi, kita dapat mengetahui seperti apa inti permasalahannya.
2. Jangan ikut ambil bagian
Cara berikutnya, cobalah untuk tidak ikut-ikutan dalam drama kantor yang sedang terjadi.
Berfokus pada pekerjaan dan meningkatkan nilai diri dalam kantor bisa menjadi solusi terbaik, alih-alih memperkeruh keadaan.
Baca juga: 5 Tanda Atasan Toxic di Kantor, Jangan Diabaikan
“Kita keluar dari lingkaran drama ini karena itu kan menjadi pilihan kita,” jelas Erwin.
Terkadang, drama kantor terjadi karena kita yang bermasalah dengan karyawan lain. Menurut Erwin, hal itu sebaiknya diselesaikan dengan kepala dingin agar tidak menimbulkan masalah lain.
Namun, penyelesaian sebaiknya dibantu oleh pihak HR perusahaan sebagai penengah agar penyelesaian masalah tidak bias ke satu pihak.