Kampanye Viessmann Climate Solutions dan Pandawara Group untuk Keberlanjutan Lingkungan

MALE INSPIRE.id – Viessmann Climate Solutions, bagian dari perusahaan Viessmann yang menyediakan sistem pemanas dan pendingin asal Jerman, berkolaborasi dengan Pandawara Group untuk mengumpulkan sampah.

Pengumpulan 3,9 ton sampah ini merupakan inisiatif pembersihan sungai di Sungai Saroja, Kabupaten Margaasih, Bandung pada 26 Mei 2024 lalu.

Upaya tersebut menjadi bagian dari komitmen CSR Viessmann terhadap keberlanjutan dan pengembangan masyarakat, sekaligus menandai kegiatan CSR perdana perusahaan itu di Indonesia.

Baca juga: Percepat Keberlanjutan: Inovasi Hijau Aion dalam Mendukung Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

Indonesia tengah dihadapi krisis pencemaran air serius, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data menunjukkan, sebagian besar sungai di Indonesia tercemar pada 2022.

Dari 111 sungai yang diidentifikasi, hanya 8,1 persen sungai yang memenuhi standar kualitas. Sementara 91,9 persen sungai lainnya masuk dalam berbagai kategori pencemaran.

Data itu menyoroti kebutuhan kritis akan inisiatif untuk memulihkan dan melindungi sumber air vital di Indonesia.

Menyadari situasi ini, Viessmann menggandeng Pandawara Group untuk memulai inisiatif pembersihan sungai, melibatkan generasi muda sebagai penggiat lingkungan dengan tujuan yang sama.

Baca juga: Garmin Run 2024, Upaya Dukung Inklusivitas dan Keberlanjutan

Hal ini disampaikan Richard Chua, selaku Head of Sales Southeast Asia, Viessmann Climate Solutions.

“Dengan memberdayakan generasi muda dan membina kemitraan publik dan swasta, kami berharap dapat menciptakan dampak jangka panjang yang lebih dari sekadar pembersihan sungai,” kata Richard dalam siaran pers yang diterima maleinspire.id.

“Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya kami untuk membantu membangun masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang di Indonesia.”

Untuk efektivitas solusi pemurnian air, truk demo produk VitoTruck dari Viessmann tersedia pada hari pembersihan, tambah Richard.

Truk itu memungkinkan peserta dan warga setempat untuk mencoba air murni hasil olahan filter air Viessmann, yang menunjukkan manfaat langsung dari teknologi air bersih dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kualitas air.

Baca juga: Inisiatif Move For The Planet dari Adidas Kembali Hadir Tahun ini

Muchamad Ikhsan Destian, salah satu anggota Pandawara Group turut mengomentari kolaborasi ini.

“Bersama Viessmann, kami berhasil membersihkan tumpukan besar sampah di sekitar Sungai Saroja, yang diikuti 63 relawan. Area tercemar ini berdampak buruk bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan risiko penyakit melalui air,” ujarnya.

Sampah yang paling banyak dikumpulkan, sambung Ikhsan, adalah sampah rumah tangga, botol plastik, sisa makanan, kemasan, dan sampah non-organik lainnya.

“Kegiatan ini tidak hanya membantu melestarikan aliran air sungai, tetapi juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengurangi sampah plastik dan melindungi lingkungan,” jelas Ikhsan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*