Pameran Salihara: Wajah Indonesia dalam Relief Era Presiden Sukarno

MALE INSPIRE.id – Sebuah proyektor menampilkan video mengenai relief-relief yang dibangun di era Presiden Sukarno.

Proyektor tersebut menampilkan salah satu karya S. Sudjojono berjudul “Manusia Indonesia” yang pernah menjadi bagian dari Bandara Internasional Kemayoran, Jakarta.

Selain relief di dalam proyektor, terdapat pula cetak trimatra dari relief di Sarinah dan beberapa dokumentasi mengenai relief lain di era Presiden Sukarno.

Baca juga: Inisiatif Years of Culture membuka pameran “Dialogue of Papers”

Baik relief, cetak trimatra, dokumentasi, maupun arsip yang ditampilkan merupakan bagian dari pameran terbaru Komunitas Salihara bertajuk “Relief Era Bung Karno” yang berada di dalam Galeri Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dalam siaran pers yang diterima maleinspire.id, pameran ini dibuka sejak 11 Mei lalu di Serambi Salihara oleh Goenawan Mohamad (Pendiri Komunitas Salihara) dan Asikin Hasan (kurator Galeri Salihara).

Relief Era Bung Karno hadir untuk menumbuhkan kembali apresiasi terhadap karya relief sebagai bagian dari tumbuh kembang kesenian modern serta bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Juga, pameran itu menyoroti beberapa seniman seperti Harijadi Sumadidjaja, S. Sudjojono, Surono, Trubus Soedarsono, dan seniman dari Sanggar Pelukis Rakyat yang memiliki hubungan begitu dekat dengan Presiden Sukarno.

Baca juga: Kolaborasi Seni Mural inDrive dan Gardu House

Kurator Asikin Hasan, bersama Ibrahim Soetomo menulis tajuk “Wajah Indonesia dalam Pahatan Relief-relief di Masa Mercusuar Sukarno”, yang bisa disaksikan begitu pengunjung memasuki Galeri Salihara.

Pameran ini mengajak pengunjung untuk melihat gagasan Presiden Sukarno lewat proyek-proyek yang dikerjakan bersama seniman sezaman, serta hubungan dekat beliau dengan tokoh seni rupa ternama tanah air.

Relief Era Bung Karno dapat dikunjungi dari 11 Mei-9 Juni 2024 di Galeri Salihara (tutup setiap hari Senin dan hari libur nasional).

1 Trackback / Pingback

  1. 3 Pameran Seni dan Budaya yang Wajib Dikunjungi di Jakarta Juni 2024 - Male Inspire

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*