5 Rekomendasi Rhythm Game yang Wajib Anda Coba

MALE INSPIRE.idRhythm game atau gim dengan genre ritme memiliki basis penggemar yang cukup besar di seluruh dunia.

Bagi yang besar di era 1990-an, mungkin pernah memainkan rhythm game berjudul Guitar Hero yang ada di konsol PlayStation 1. Sejak saat itu, genre ini terus berkembang dan banyak pengembang game yang mengusung genre tersebut untuk platform Android dan iOS, PC, serta PlayStation.

Dalam rhythm game, pemain hanya perlu menggerakkan tangan untuk menekan note mengikuti lagu yang diputar. Biasanya, genre ini memiliki beberapa tingkat kesulitan, dari yang termudah hingga tersulit.

Baca juga: Revelation: Infinite Journey Hadir di Indonesia Pada 2 Maret 2023

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah rekomendasi rhythm game yang dapat Anda coba untuk mengisi waktu luang.

Beat Saber

Beat Saber telah menciptakan fenomena di dunia virtual reality (VR) dan membantu menarik minat banyak pemain baru.

Konsep rhythm game ini cukup sederhana. Pemain perlu menggunakan dua lightsaber dengan warna berbeda (seperti pedang di film Star Wars) untuk membelah blok sesuai warna dan arah yang ditentukan. Ya, Beat Saber membuat Anda merasa layaknya seorang Jedi di dunia Star Wars.

Soundtrack asli game ini bagus, tetapi hanya versi PC yang mendukung impor lagu-lagu kustom.

Baca juga: Ragnarok Origin Membuat Debut yang Spektakuler

Arcaea

Arcaea dikembangkan dan diluncurkan oleh Iowiro pada 2017 lalu, yang hanya tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

Game ini memiliki empat tingkat kesulitan, yaitu past, present, future, dan beyond. Selain ratusan lagu karya lebih dari 50 artist, pemain akan disuguhkan oleh karakter dan artwork yang indah.

Di Google Playstore, Arcaea sudah diunduh sebanyak lebih dari satu juta kali.

Baca juga: Revelation: Infinite Journey Jadi MMORPG Nomor Satu di App Store

Rocksmith 2014 Remastered

Rocksmith 2014 Remastered adalah versi terbaru atau sekuel dari Rocksmith 2014 original. Game ini menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan edukatif.

Satu keunikan Rocksmith 2014 Remastered yang sulit ditemukan pada rhythm game lain adalah, pemain dapat menyambungkan instrumen mereka –entah itu gitar atau bas– untuk mulai memainkan berbagai lagu.

Rocksmith menawarkan tingkat adaptabilitas yang tinggi. Setelah menguasai konten dasar, pemain dapat memilih dari lebih dari seribu lagu berlisensi penuh sebagai konten unduhan tambahan.

Beberapa lagu yang dapat dimainkan mencakup Master of Puppets dan Enter Sandman (Metallica), Through the Fire and Flames (Dragonforce), hingga Zombie (The Cranberries).

Hatsune Miku: Colorful Stage (Project Sekai)

Boleh dikatakan, Hatsune Miku: Colorful Stage menjadi rhythm game yang sangat populer di kalangan pecinta gim mobile saat ini.

Dirilis pada 30 September 2020, game ini dikembangkan oleh Crypton Future Media, Craft Egg, dan Colorful Palette, dan diterbitkan oleh SEGA. Khusus di Jepang, game ini dinamai Project Sekai.

Merupakan spin-off dari seri permainan PlayStation Hatsune Miku: Project DIVA, Hatsune Miku: Colorful Stage menampilkan enam vocaloid atau penyanyi virtual yang dikembangkan Crypton Future Media seperti Hatsune Miku, Megurine Luka, Kagamine Rin dan Kagamine Len, MEIKO, serta KAITO.

Ada pula 20 karakter dengan seiyuu atau pengisi suara terkenal asal Jepang yang terbagi ke dalam lima grup, yakni Leo/need, Nightcord at 25:00, Wonderlands x Showtime, More More Jump!, dan Vivid BAD SQUAD.

Setiap karakter memiliki jalan cerita masing-masing yang begitu menyentuh. Dari segi gameplay juga menarik dan menantang, disertai kualitas grafis 3D yang mumpuni.

Tingkat kesulitan lagu di game ini mulai dari easy, normal, hard, expert, master, hingga append.

Sampai tulisan ini selesai dibuat, Hatsune Miku: Colorful Stage sudah diunduh sebanyak lebih dari lima juta kali di Google Playstore.

Guitar Hero III: Legends of Rock

Membicarakan rhythm games tidak “sah” rasanya jika tidak memasukkan Guitar Hero.

Guitar Hero III: Legends of Rock yang dirilis pada 2007 digemari banyak orang karena soundtrack yang keren, termasuk lagu-lagu karya Rage Against The Machine, Slipknot, Kiss hingga ZZ Top.

Setiap lagu bisa dimainkan secara kooperatif, dengan bagian rhythm guitar atau bas, tergantung judul lagunya.

Meskipun memiliki tingkat kesulitan tinggi, game ini tetap bisa dinikmati oleh berbagai pemain, dengan pilihan kesulitan yang lebih mudah dan lagu-lagu yang lebih slow untuk pemain baru.

Fakta bahwa Guitar Hero masih memiliki basis komunitas yang aktif di Twitch lebih dari 15 tahun pasca dirilis menunjukkan betapa menariknya game ini dalam jangka panjang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*