3 Minuman yang bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

MALE INSPIRE.id – Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali dapat menyebabkan komplikasi, seperti serangan jantung dan stroke.

Salah satu garis pertahanan pertama yang bisa dilakukan dalam menghadapi tekanan darah tinggi adalah mengatur pola diet.

Menerapkan diet ramah tekanan darah dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran angka yang sehat, seperti mengonsumsi makanan kaya kalium dan magnesium.

Baca juga: Hindari Minuman Berkafein saat Mengonsumsi Makanan ini

“Memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kalium dan magnesium sangat penting bagi mereka yang mengalami tekanan darah tinggi,” ujar Shilpa Arora, ahli gizi makrobiotik dan praktisi kesehatan, seperti dikutip laman NDTV.

Kalium membantu menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan efek natrium.

Disarankan juga untuk menyertakan lebih banyak biji-bijian utuh, buah-buahan, dan sayuran dalam menu makanan sehari-hari.

Sedangkan, kalsium dan magnesium dibutuhkan untuk mengelola kadar tekanan darah.

Selain dari makanan, tiga minuman ini juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah kita.

Air madu

Dr Vasant Lad, praktisi ayurveda dalam bukunya berjudul The Complete Book of Ayurvedic Home Remedies menyebutkan, air madu dapat memberikan manfaat luar biasa untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

“Tambahkan satu sendok teh madu dan 5-10 tetes cuka apel ke dalam satu cangkir air panas, dan minumlah di pagi hari,” tulis Lad.

“Minuman ini membantu menurunkan kolesterol, menjaga vasodilasi (pelebaran pembuluh darah), dan mengatur tekanan darah.”

Baca juga: Youvit Hadirkan Minuman Kolagen Bebas Gula

Banana shake

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sering disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya kalium.

Pisang mengandung banyak kalium, sehingga merupakan makanan yang ideal untuk diet tekanan darah tinggi.

Kita bisa mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi banana shake.

Sementara itu, susu juga kaya kalium, serta kalsium dan vitamin D yang penting untuk menjaga kadar tekanan darah tetap sehat.

Baca juga: 10 Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Sebelum Naik Pesawat Terbang

Jus mentimun

Mentimun adalah sumber kalium yang baik dan memiliki sifat diuretik –zat yang meningkatkan produksi urine.

Diuretik membantu mengurangi sodium dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, yang penting untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

Cara membuatnya mudah, awali dengan mengupas mentimun, potong ujung mentimun menggunakan pisau menjadi potongan besar.

Letakkan potongan mentimun ke dalam blender, dan haluskan. Tempatkan saringan di atas wadah, kemudian saring jus mentimun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*