Hasil Survei Agoda, Daya Tarik Indonesia Sebagai Tujuan Wisata Kian Meningkat

MALE INSPIRE.idPlatform perjalanan digital, Agoda merilis hasil temuan mengenai tren perjalanan dan perilaku wisatawan Indonesia, salah satunya tentang pertumbuhan daya tarik Indonesia sebagai tujuan wisata.

Pada semester pertama tahun 2024, data pencarian akomodasi Agoda menunjukkan kenaikan 33 persen terhadap minat melakukan perjalanan ke Indonesia.

Sebagian besar pencarian ke Indonesia berasal dari Singapura, disusul Malaysia, Korea Selatan, Australia, dan India.

Baca juga: Maskapai Emirates Luncurkan Layanan A380 Kedua Tujuan Bali-Dubai

Ketertarikan wisatawan Eropa terhadap Indonesia juga meningkat, dengan kenaikan sebesar 23 persen dalam pencarian ke Indonesia di semester pertama 2024 dibandingkan tahun lalu.

Sebagian besar pencarian wisatawan Eropa berasal dari Prancis, Inggris, Jerman, Belanda, dan Spanyol.

Indonesia juga menjadi destinasi yang semakin populer di kalangan wisatawan asal India dan Asia Utara seperti Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan.

Pertumbuhan minat wisatawan Asia Utara meningkat pada enam bulan pertama tahun 2024, dengan peningkatan pencarian akomodasi dari Hong Kong (57 persen), Korea Selatan (54 persen), Jepang (50 persen), dan Taiwan (38 persen), dibandingkan semester pertama tahun lalu.

Baca juga: Jakarta Tempati Peringkat Ketiga dalam Daftar Kota Paling Stressful di Dunia

Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda untuk Indonesia mengatakan bahwa meningkatnya jumlah pencarian terhadap Indonesia menunjukkan pesona negara ini dan keberhasilan strategi pemasaran destinasi dari pemerintah.

“Agoda mendukung target itu dengan memanfaatkan teknologi kelas dunia untuk memberikan pengalaman perjalanan yang mudah dan sesuai kebutuhan wisatawan Indonesia, sekaligus meningkatkan daya tarik Indonesia di mata wisatawan mancanegara.”

“Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah dan mitra akomodasi demi mendorong pertumbuhan pariwisata dan membangun posisi Indonesia sebagai destinasi wisata terbaik,” ujar Gede di Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Agoda telah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan menjadi mitra resmi Wonderful Indonesia.

Baca juga: Kolaborasi BCA dan Garuda Indonesia, Hadirkan Layanan untuk Kebutuhan Traveling

Data Agoda juga menunjukkan peningkatan jumlah pencarian wisata yang berasal dari dalam negeri, dengan kenaikan 20 persen untuk pencarian wisata domestik dan 13 persen lebih banyak pencarian wisata ke luar negeri.

Peningkatan pencarian perjalanan secara menyeluruh (across-the-board) telah mendorong kinerja Indonesia yang kuat di berbagai peringkat pencarian di Agoda.

Pada paruh pertama 2024, Indonesia menjadi salah satu dari lima negara asal teratas Agoda, berdasarkan jumlah pencarian akomodasi.

Pencarian penerbangan dari Indonesia turut meningkat, menjadikannya negara asal terbesar kedua pada bulan Juni.

Dari semua pencarian yang dilakukan di Agoda, wisatawan Indonesia paling sering menggunakan perangkat mobile. Tren ini mencerminkan pergeseran di Indonesia dalam perencanaan perjalanan.

Survei yang dilakukan di Agoda menemukan bahwa perjalanan petualangan merupakan motivasi terbesar bagi wisatawan Indonesia.

Sebanyak 42 persen responden menjadikan hal ini sebagai alasan untuk bepergian. Diikuti perjalanan kebugaran (wellness) sebanyak 35 persen, dan berkumpul bersama keluarga dan teman (33 persen).