7 Film Gangster Terbaik Sepanjang Masa, Cocok untuk Tontonan Akhir Pekan

MALE INSPIRE.id – Sejak dulu sampai saat ini banyak genre film yang memiliki jumlah peminat begitu besar. Salah satu alur cerita yang paling disukai adalah film gangster atau mafia.

Jika dilihat dari perkembangan zaman, sudah banyak produksi film yang mengadopsi alur cerita gangster atau mafia. Beberapa di antaranya bahkan pernah menyabet piala di ajang perfilman bergengsi.

Beberapa judul film gangster di bawah ini bisa Anda masukkan ke dalam daftar tontonan wajib untuk akhir pekan. Check this out!

1. The Gentlemen (2020)


The Gentlemen dirilis pada tahun 2020, yang menceritakan perebutan kekuasaan bisnis ganja yang berada di Inggris antar keluarga mafia.

Karena adanya perebutan kekuasaan, secara otomatis peperangan antar gangster terjadi. Di dalam kelompok gangster juga terdapat pengkhianatan yang begitu mengejutkan. Ada beberapa plot twist yang menjadi daya tarik tersendiri dalam film ini.

The Gentlemen disutradarai oleh Guy Ritchie. Beberapa pemain terkenal yang terlibat seperti Matthew McConaughey, Charlie Hunnam, dan Henry Golding.

2. Infernal Affairs (2002)

Disutradarai Andrew Lau Wai-Keung dan Alan Mak, Infernal Affairs mengisahkan seorang polisi yang melakukan penyamaran dan masuk ke dalam geng Triad.

Banyak aksi memukau yang bisa memanjakan penonton. Selain itu, film ini juga mendapatkan sekuel lanjutan hingga Infernal Affairs III. Menariknya lagi, Infernal Affairs masih menjadi salah satu film gangster dengan alur cerita terbaik di Hong Kong.

Film ini dibintangi oleh banyak aktor ternama seperti Andy Lau, Tony Chiu-Wai Leung, dan Anthony Chau-Sang Wong.

3. American Gangster (2007)

American Gangster yang disutradarai Ridley Scott menceritakan aksi kriminal yang dilakukan oleh Frank Lucas. Bisa dibilang masa produksi film ini cukup lama, yaitu sekitar 7 tahun.

American Gangster mampu memborong beberapa penghargaan pada ajang bergengsi seperti Best Thriller, Best Editing, dan Best Supporting Actress.

Film ini dibintangi beberapa aktor seperti Denzel Washington, Russell Crowe, dan Chiwetel Ejiofor.

4. The Irishman (2019)

Meski terbilang baru, The Irishman tidak kalah dari film gangster pendahulunya. Cerita yang diusung dalam film ini adalah seorang supir truk bernama Frank Sheeran yang terlibat dengan Russell Bufalino dan juga keluarga mafia yang berada di Pennsylvania.

Dalam perjalanan hidup menjadi yang terbaik, Frank Sheeran bekerja dengan Jimmy Hoffa, gangster besar yang selalu berada dalam setiap kejahatan.

Film ini disutradarai Martin Scorsese, dan dibintangi Robert De Niro, Joe Pesci, serta Al Pacino.

5. Scarface (1983)

Scarface adalah salah satu film dengan alur cerita gangster yang populer pada masanya, dengan mengambil latar belakang di Miami, AS tahun 1980-an.

Film ini menceritakan kehidupan pengungsi politik yang juga menjadi buronan di Kuba bernama Tony Montana. Setelah melakukan pelarian ke AS, ia mencoba untuk membangun kerajaan bisnis narkoba.

Scarface disutradarai oleh Brian De Palma, dan diperankan Al Pacino, Michelle Pfeiffer, serta Steven Bauer. Durasi penayangan film lebih kurang 2 jam 50 menit.

6. Goodfellas (1990)

Goodfellas garapan sutradara Martin Scorsese yang dirilis pada 1990 menjadi salah satu film yang mengusung alur cerita gangster, kriminal dan narkotika. Film ini sudah memborong berbagai nominasi dalam Academy Awards seperti Best Film, Best Director, Best Editing, dan lainnya.

Film tersebut mengusung cerita mengenai anak bernama Henry Hill, yang sejak kecil sudah bercita-cita untuk menjadi seorang gangster. Selama perjalanan hidupnya, ia mampu masuk ke dunia gangster berkat Tuddy dan Paul Cicero.

Perlahan tapi pasti, Henry pun bertemu dengan gangster papan atas bernama Jimmy Conway dan Tommy Devito. Mereka bertiga mulai bekerja sama hingga menjadi sahabat.

Goodfellas dibintangi Robert De Niro, Ray Liotta, dan Joe Pesci.

7. The Godfather (1972)

Rasanya tidak salah jika film gangster terbaik jatuh pada The Godfather yang dirilis di tahun 1972. Tidak tanggung-tanggung, film garapan Francis Ford Coppola mampu meraih tiga piala Oscar sekaligus.

The Godfather menyoroti keluarga mafia yang dipimpin Vito Corleone. Seiring berjalannya waktu, ia harus digantikan oleh anaknya sebagai pemimpin kelompok mafia. Salah satu kandidat yang akan menggantikan dirinya adalah Michael Corleone.

Film ini diadaptasi dari novel dengan judul sama, dengan pemeran utama seperti Marlon Brando dan Al Pacino.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*