Kunci Cegah Perselingkuhan, Melihat dari Sudut Pandang Pasangan

MALE INSPIRE.id – Ketika menjalin hubungan romantis, godaan kerap datang dari mana saja tanpa mengenal waktu.

Kehadiran wanita lain dalam hidup seorang pria, entah itu di kantor, atau kafe dan pusat kebugaran yang biasa dikunjungi, berpotensi memicu pria tersebut untuk melakukan perselingkuhan.

Sejatinya, kita bisa mempertahankan hubungan saat ini dan mencegah perselingkuhan itu selama kita mau melihat dari sudut pandang orang lain –dalam hal ini pasangan kita.

Baca juga: Penyebab Anda Melakukan Perselingkuhan

Dilansir laman The Huffington Post, sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Sex Research menyarankan kita untuk menempatkan diri pada posisi pasangan.

“Temuan kami menawarkan cara seseorang dapat menahan godaan jangka pendek. Berhenti dan pertimbangkan bagaimana pasangan dapat dipengaruhi oleh keinginan kita untuk mencari sosok alternatif.”

Hal ini disampaikan co-author studi dan profesor psikologi di Reichman University, Israel, Gurit E. Birnbaum.

Melihat dari sudut pandang orang lain (perspective-taking) secara bersamaan dapat menurunkan minat seseorang secara seksual dan romantis untuk mencari pasangan alternatif.

“Dalam situasi ini, pengambilan perspektif dapat menumbuhkan empati terhadap potensi penderitaan pasangan,” kata Birnbaum lagi.

“Ketika situasi seperti itu melibatkan konflik antara daya pikat pasangan selingkuh dan tujuan mempertahankan hubungan saat ini, pengambilan perspektif dapat menjadi pertimbangan jangka panjang daripada kesenangan jangka pendek.”

Baca juga: Tips Menghindari Selingkuh di Lingkungan Pekerjaan

Hasil studi

Sebanyak tiga studi melibatkan 408 peserta asal Israel berusia antara 20-47 tahun.

Mereka secara acak diminta untuk melihat dari sudut pandang pasangan mereka atau tidak melihatnya.

Sebagai bagian dari percobaan, peserta mengevaluasi, bertemu atau berpikir mengenai orang asing yang dipandang menarik.

Sementara itu, para psikolog mencatat ekspresi ketertarikan peserta pada orang asing dan komitmen serta keinginan mereka untuk pasangan saat ini.

Hasilnya, mengadopsi perspektif pasangan bisa meningkatkan komitmen dan keinginan untuk pasangan.

Baca juga: Penyebab Pasangan Anda Selingkuh

Menelaah dari perspektif pasangan bisa mencegah perselingkuhan

Studi terdahulu menunjukkan, ketika energi seseorang terkuras dan kemampuan mereka mengatur diri terganggu akibat stres atau mabuk, mereka cenderung kesulitan menolak godaan untuk mengambil kesempatan dan berselingkuh.

Namun para peneliti yang mengerjakan studi terbaru melihat, pengambilan perspektif juga dapat mencegah lebih banyak affair yang sudah direncanakan –seperti menjalin hubungan dengan rekan kerja.

“Saya pikir manfaat pengambilan perspektif berlaku selama seseorang dapat berhenti dan mempertimbangkan bagaimana pasangannya akan dipengaruhi oleh situasi itu,” kata co-author studi Harry Reis, profesor psikologi di University of Rochester.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*