Pulang Kerja Tepat Waktu itu Penting, Kenapa?

MALE INSPIRE.id – Dalam pekerjaan, ada tipe karyawan yang cenderung santai dan memilih pulang terlambat, namun ada juga yang lebih senang pulang kerja tepat waktu.

Perlu diketahui, jam kerja ekstra ternyata bisa mempengaruhi kehidupan sosial, mental dan kesehatan karyawan. Pulang kerja tepat waktu bisa menjadi pilihan yang lebih baik karena membuat Anda lebih sehat dan lebih bahagia.

Berikut ini alasan mengapa pulang kerja tepat waktu itu penting, seperti dikutip laman Bright Side:

Baca juga: Tips Menghindari Selingkuh di Lingkungan Pekerjaan

Bermanfaat bagi kesehatan

Jam kerja tambahan menimbulkan risiko penyakit kardiovaskular, kelelahan dan kurangnya energi.

Individu yang bekerja lebih dari 55 jam seminggu memiliki risiko stroke 33 persen lebih tinggi dibandingkan orang yang bekerja di bawah 40 jam seminggu.

Juga, karyawan yang bekerja terlalu keras berisiko 13 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner.

Jika Anda terbiasa menyelesaikan semua tugas tepat waktu, Anda menyadari bahwa waktumu sangat berarti.

Baca juga: Cara Melupakan Pekerjaan saat Mengambil Libur Cuti

Ketika Anda mengabaikan gangguan yang tidak perlu, seperti bersantai terlalu lama atau mengobrol dengan rekan kerja, berarti Anda pintar mengantur waktu.

Individu yang mempraktikkan jadwal kerja seperti ini akan meninggalkan kantor dengan perasaan baik, karena bisa menjalani hari secara produktif.

Memiliki waktu senggang

Meski menikmati pekerjaan, individu bisa merasa lelah apabila bekerja lebih lama di kantor.

Di saat Anda meninggalkan kantor tepat waktu, Anda akan merasakan betapa menyenangkan memiliki satu atau dua jam ekstra setiap hari untuk diri sendiri, entah itu berkumpul dengan keluarga dan teman, berolahraga atau menjalani hobi.

Baca juga: Mimpi Kehilangan Pekerjaan, Mungkin ini Sebabnya

Waktu senggang sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik jangka panjang, serta dapat berdampak besar pada produktivitas dan kualitas hidup Anda.

Menjadi pribadi yang bertanggung jawab

Saat Anda berencana untuk pulang kerja tepat waktu, Anda akan terdorong untuk mengerjakan tugas sampai tuntas dan mengendalikan diri dari hal-hal yang mengganggu fokus di kantor (seperti mengobrol terlalu lama dengan rekan kerja).

Hal itu membuat Anda belajar menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Juga, Anda akan terlihat sebagai sosok yang dewasa di mata orang lain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*