Keunikan Jaket Denim Tenun

Ternyata ada jaket denim yang dibuat dari bahan tenun lho. Seperti yang kita ketahui jaket denim merupakan salah satu item fashion pelengkap gaya kasual. Pada umumnya jaket denim dibuat menggunakan material bahan denim pabrikan yang sudah jadi, nah kali ini kita akan mengulas Jaket Denim yang terbuat dari bahan tenun. Seperti karakter tenun pada umumnya, bahan tenun denim ini dikerjakan oleh tangan-tangan terampil seniman tenun Indonesia, menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Kainnya dipintal dari benang-benang dengan tingkat kerumitan dan kesabaran luar biasa oleh para penenunnya.

Tak banyak brand denim yang mampu mengeluarkan handwoven (tenun tangan) berbahan denim ini sebenarnya. Kenapa? Karena skill dan waktu yang dibutuhkan, serta ketelitian dan kesabaran extra yang harus dimiliki. Oleh karena itu, tak heran jika pengrajin tenun ini bisa dikategorikan sebagai seniman-seniman tenun denim. Hasil craftmanship inilah yang kemudian membuat tenun denim memiliki nilai lebih tinggi dibanding bahan denim pabrikan pada umumnya.

Di jaman industrialisasi serba cepat seperti saat ini, tenun denim menjadi suatu koleksi yang cukup langka di industri denim sendiri. Bisa dikatakan, hanya brand-brand denim yang mampu menghargai kearifan lokal lah yang mampu menghadirkan koleksi denim tenun ini. Salah satunya Lois Jeans.

Pandemi ternyata tidak menyurutkan Lois Jeans, brand asli Spanyol, untuk terus berkreasi dan menghasilkan produk baru yang unik & stylish, salah satunya dengan turut mensupport UMKM tenun lokal. Merayakan 60 tahun eksistensinya, Lois Jeans bekerjasama dengan pengrajin tenun Indonesia asal Kota Pekalongan menghasilkan bahan denim tenun etnik yang kemudian dijadikan jaket denim Lois Tendo. Tendo sendiri berasal dari Kata Tenun Indonesia.

Dimulai dari proses pewarnaan alami menggunakan tanaman Indigofera Tinctoria menghasilkan warna biru yang natural dan tahan lama. Kemudian ditenun secara manual dengan ATBM (alat tenun bukan mesin) oleh tenaga-tenaga berkeahlian khusus, yaitu para seniman tenun lokal, sehingga terciptalah bahan denim tenun dengan keunikan yang khas.

Salah satu keunggulan dari bahan denim tenun ini yaitu lebih kuat dan memiliki keunikan tersendiri karena dibuat secara handmade dengan memperhatikan tiap detailnya. Detail benang yang keluar merupakan salah satu keunikan dari jaket Lois Tendo ini, yang sengaja tidak dihilangkan agar menjadi ciri khas Lois Tendo. Jaket Lois Tendo sendiri memiliki 2 model, yaitu Tendo Kendogi dan Tendo Tortie, dimana keduanya memiliki tekstur bahan denim yang berbeda, Tendo Kendogi memiliki tekstur bahan yang lebih terlihat, sedangkan Tendo Tortie memiliki tekstur yang lebih halus dengan sambungan benang yang lebih terlihat. Dilengkapi dengan design kantong depan, samping dan kantong dalam (untuk Tendo Tortie), memudahkan untuk menaruh perlengkapan keseharian disamping tetap terkesan stylish.

Bagi Anda pecinta denim, koleksi tenun denim ini jangan sampai dilewatkan. Rasakan sensasi memakai jaket denim dari bahan anti mainstream berasa kearifan lokal karena tiap Anda memakai Jaket Lois Tendo, berarti anda telah pula menjaga warisan budaya tenun lokal Indonesia. Dapatkan koleksi jaket tenun denim Lois Tendo untuk segala aktifitas, baik aktifitas formal & non-formal, indoor maupun outdoor. Padukan dengan celana jeans atau chinos untuk tampilan smart casual.

Jaket Lois Tendo ini dibuat limited edition khusus pasar Lois Indonesia, dalam rangka merayakan 60 tahun Lois Jeans. Dapatkan hanya di beberapa store Lois, seperti di store Lois Mall Kota Kasablanka lt.1, store Galaxy Bekasi, store Pondok Bambu jakarta timur, store Bandung Indah Plaza, store Tunjungan Plaza, store Jambi dan via online di www.loisjeans.id.Tunggu Apalagi? Siap-siap auto dilirik, dengan Jaket Tenun Denim yang unik!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*