Nuon Dorong Kebangkitan Gim Lokal Melalui Mabar dengan Menteri

MALE INSPIRE.id – PT Nuon Digital Indonesia (Nuon) kembali menunjukkan komitmen serius sebagai penggerak industri gim nasional.

Terbaru, Nuon mengadakan acara main bareng (mabar) gim lokal usai mengikuti Rapat Koordinasi Implementasi Perpres 19/2024.

Bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, acara ini merupakan bagian dari kampanye Ayo Hargai bertajuk “Bangga Main Gim Lokal” dan menjadi sorotan penting dalam upaya memperkuat ekosistem gim dalam negeri.

Baca juga: Memperkenalkan League of Legends Championship Pacific

Acara ini dihadiri para pejabat tinggi pemerintah, asosiasi, kepala daerah, serta pelaku industri.

CEO Nuon, Aris Sudewo, menyatakan bahwa saat ini ekosistem gim nasional masih didominasi oleh produk luar negeri.

“Gim lokal hanya menguasai 0,5 persen pasar dalam negeri, sebuah angka yang sangat kecil dibandingkan 99,5 persen gim impor,” kata Aris dalam siaran pers yang diterima maleinspire.id.

“Kami percaya Indonesia berpotensi besar di sektor ini, dan acara ini adalah bagian dari upaya kami untuk membangkitkan kebanggaan terhadap karya anak bangsa serta memperkuat pondasi industri gim lokal bersama para pemangku kepentingan.”

Mabar gim lokal ini menjadi simbol bahwa kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri adalah kunci untuk mengubah dinamika pasar.

Selama acara berlangsung, para Menteri dan pejabat pemerintah sempat mencoba gim seperti Paw Rumble dan Dreadhaunt hasil karya Nuon.

Baca juga: Kemenparekraf Perkuat Ekosistem Gim Lewat Masterclass IC Fest 2024

Diharapkan, kampanye tersebut tidak hanya menampilkan kualitas produk gim lokal, tetapi juga memicu diskusi penting tentang peran pemerintah dalam mendukung industri pertumbuhan kreatif.

“Kita tidak hanya berbicara industri gim sebagai kegiatan hiburan saja, tetapi soal mendorong peningkatan ekonomi kreatif yang dapat menjadi salah satu pilar utama pertumbuhan ekonomi nasional,” lanjut Aris.

Tidak hanya itu, Nuon bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan BRIN juga mengenalkan Game Asset Nusantara (GANA), platform yang menyediakan aset digital seperti karakter 3D dan efek visual untuk mempercepat proses pengembangan konten dari developer dan kreator.

Baca juga: Turnamen POCO Extreme League by Team Liquid Aura akan Segera Digelar

GANA juga berfungsi sebagai marketplace, memungkinkan kreator untuk menjual dan mendistribusikan aset mereka secara komersial, sehingga mendukung ekosistem ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan.

Inisiatif ini dipandang sebagai terobosan penting, membuka ruang bagi talenta lokal untuk lebih mudah berkembang di tengah ketatnya persaingan global.