Kenapa Orang Cerdas Seringkali Gagal Fokus di Tempat Kerja?

MALEINSPIRE.id – Sering gagal fokus ketika berada di kantor? Mungkin kita sudah berniat untuk bekerja, namun fokus kita terganggu karena asyik mengecek video short di TikTok atau YouTube.

Biasanya orang yang susah fokus saat bekerja dianggap sebagai orang yang malas. Padahal studi terbaru mengungkapkan fakta sebaliknya lho.

Seperti diberitakan Your Tango, sebuah studi yang dilakukan perusahaan solusi tempat kerja, Steelcase mengamati kebiasaan lebih dari 10.000 pekerja di 17 negara.

Hasil studi menunjukkan, semakin cerdas seseorang, semakin mudah baginya untuk terganggu di kantor.

Juga, masalah yang dimiliki individu tersebut untuk memprioritaskan ide-ide di kepala akan bertambah banyak.

Hampir setengah dari peserta studi mengaku mereka harus berjuang untuk bisa berkonsentrasi di kantor.

“Perusahaan selalu mencari orang paling cerdas, namun kesulitan mengerjakan banyak tugas dan distraksi di kantor memengaruhi orang cerdas dengan cara yang sama seperti orang lain.”

Demikian penjelasan Bostjan Ljubic, peneliti studi tersebut dalam wawancara dengan The Daily Mail.

“Cara kita bekerja berubah lebih cepat dari sebelumnya, dan otak mengalami tekanan dan gangguan yang dapat menyebabkan kelebihan beban.”

Pada individu yang cerdas, mereka memiliki banyak ide dan berusaha untuk mewujudkan seluruh ide tersebut.

Ketika sedang memikirkan semua ide itu, mereka juga sibuk mengecek panggilan telepon masuk, email baru, notifikasi WhatsApp, unggahan warganet di Instagram dan TikTok, atau lagu baru di YouTube.

Nah, jika kita mampu mengatasi seluruh distraksi atau gangguan tersebut, artinya kita adalah orang yang cerdas.

Sebab, orang dengan kemampuan otak yang terbatas tidak akan mampu menyelesaikan setengah dari apa yang kita alami.