Starbucks Rayakan Hari Jadi ke-23, Angkat Perjalanan Kopi Indonesia ke Panggung Global

MALEINSPIRE.id – Selama 23 tahun, Starbucks di Indonesia telah merangkai kisah koneksi bersama kopi yang telah membawa Indonesia ke paparan global.

Hal itulah yang akhirnya diangkat Starbucks untuk tema hari jadinya di tahun 2025 “Indonesia’s Pride, Going Worldwide” atau “Kebanggaan Indonesia, Mendunia.”

“Tahun ini, Starbucks di Indonesia bukan hanya merayakan hari jadinya, tetapi tetapi juga menggemakan perjalanan kopi Indonesia yang dahsyat, perjalanan yang telah memperkaya kehidupan dan lanskap baik di Tanah Air maupun seluruh dunia.”

Demikian kata Anthony Mc Evoy, CEO PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi merek Starbucks di Indonesia, dalam perayaan hari jadi Starbucks Indonesia di Starbucks Lippo Mall Nusantara pada 14 Mei 2025 lalu.

“Sejak awal Starbucks berdiri tahun 1971 di Pike Place Market Seattle, kisah Indonesia telah terjalin erat dengan Starbucks karena kopi Sumatra.”

“Hingga sekarang, Starbucks telah menjadi pembeli kopi Arabika premium terbesar dari Indonesia merupakan sebuah bukti nyata bahwa kita telah menghantarkan Indonesia ke panggung dunia,” tambahnya.

Lebih jauh lagi, peringatan hari jadi ini juga merupakan perayaan atas dampak bersama Starbucks terhadap tiga pilarnya: People, Planet, Coffee.

“Kami telah menanam benih perubahan, mendonasikan lebih dari setengah juta benih pohon kopi para petani kopi kami di pulau Jawa hingga Sumatra, hingga Seed-to-Cup Experience Store di Bali, komitmen kami terhadap pertumbuhan yang berkelanjutan,” tutur Liryawati, COO PT Sari Coffee Indonesia.

“Tema ini menjadi kenyataan di tempat-tempat ikonik kami. Starbucks Reserve Plaza Indonesia sebagai toko pertama hingga Starbucks Reserve Dewata dan di setiap Starbucks bukan hanya toko, tetapi ‘gerbang’ yang menghadirkan cita rasa unik kopi Indonesia yang merupakan kebanggaan bersama.”

“Melalui pengalaman ini, kami berbagi jantung Indonesia dengan dunia. Dan semua ini, didorong oleh dedikasi lebih dari 4.000 karyawan,yang telah menyumbangkan lebih dari 18.000 jam komunitas, yang mewujudkan semangat ‘Kebanggaan Indonesia untuk Mendunia.”

Lirya menambahkan bahwa tahun ini pun Starbucks Indonesia akan kembali mendonasikan bibit pohon kopi kepada petani kopi di Indonesia.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami juga akan menyumbangkan bibit pohon kopi kepada petani kopi di Indonesia. Dan tahun ini, sebanyak 50 ribu bibit akan kami donasikan kepada petani kopi kami di Sumatra Utara,” imbuh dia.

Starbucks juga merayakan perjalanan dari benih hingga cangkir melalui produk dan program-program yang menarik.

Mulai dari minuman hasil kreasi pemenang Starbucks Indonesia Barista Championship 2025, Gregorius Michael, yang terinspirasi dari minuman tradisional Indonesia yang mendunia, yakni dawet.

Juga, ada banyak merchandise khusus yang menampilkan karakter Bearista di tumbler, mug, coffee jar, green apron bag hingga collectible blind box berupa Bearista yang berpose bersama wholebean Indonesia.