Janji Jiwa Culture Ekspansi ke Luar Jawa, Hadirkan Ruang Kopi dan Komunitas

MALEINSPIRE.id – Di tengah derasnya tren coffee shop yang kian marak, Jiwa Group melalui brand Janji Jiwa kembali menegaskan langkah besarnya.

Bukan hanya memperkuat posisi di Pulau Jawa, kini mereka siap memperluas konsep Janji Jiwa Culture hingga ke berbagai kota besar di Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi.

CEO dan founder Jiwa Group, Billy Kurniawan, menuturkan bahwa potensi pasar Indonesia masih terbuka lebar untuk konsep coffee shop yang lebih dari sekadar tempat menikmati kopi.

“Jadi untuk hal-hal ke depannya kita bukan hanya fokus culture ini dari Jawa saja, tapi juga ekspansi ke kota-kota seperti Kalimantan, Sumatera, mungkin Sulawesi,” ungkapnya dalam jumpa pers di Janji Jiwa Culture, Kedoya, Jakarta Barat pada Kamis (11/9/2025) siang.

Billy mengungkapkan, langkah awal ekspansi ini sudah dimulai di Balikpapan dan Samarinda, dan hasilnya cukup menggembirakan.

“Menurut saya pribadi, ketika berkunjung ke Samarinda dan Balikpapan, kita melihat sebenarnya market di Indonesia ini masih sangat terbuka, terutama untuk konsep seperti Janji Jiwa Culture,” tambahnya.

Namun, ekspansi ini bukan sekadar soal bisnis.

Billy menekankan misi sosial yang selalu menjadi fondasi Janji Jiwa: menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat di setiap kota yang menjadi tujuan ekspansi.

“Tahun ini kita akan ada ekspansi mungkin sekitar lebih dari tiga toko lagi untuk Janji Jiwa Culture, dan buat Sejuta Jiwa pun kita akan ada ekspansi lagi guna menambah lapangan kerja lagi,” kata Billy.

Sementara itu, Grace Surya, Marketing Director Jiwa Group menyoroti bahwa inovasi Janji Jiwa selalu berangkat dari kebutuhan komunitas.

“Seperti ini, katakan sudah ada beberapa store dengan konsep baru di Janji Jiwa Culture. Baik itu di Jakarta, di Bintaro, sekarang kemudian juga sudah ada di Surabaya, di Kalimantan, dan ini yang juga akan bertambah,” paparnya.

Grace menekankan, setiap gerai baru hadir bukan hanya sebagai coffee shop, melainkan juga ruang inklusif bagi generasi muda.

“Kita membentuk yang namanya House of Good Vibes. Jadi tidak hanya fasilitasnya, tapi juga dari service, produk, dan interaksi dengan barista.”

“Kita ingin tempat-tempat itu nyaman untuk berbagi good vibes, energi positif, kemudian komunitas bisa ngumpul, berbagi ide, cerita,” ujarnya.

Lewat strategi ekspansi regional ini, Jiwa Group berharap Janji Jiwa Culture bisa lebih dekat dengan konsumen dan menjadi bagian dari kehidupan komunitas, ruang tumbuh bersama, serta tempat berbagi energi positif.