
MALEINSPIRE.id – Starbucks telah menetapkan bulan April sebagai perayaan Bulan Kebaikan Global atau Global Month of Good setiap tahunnya.
Tahun ini, Starbucks Indonesia kembali mengadakan Regional Student Company Competition (RSCC) yang merupakan acara puncak dari rangkaian Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP).
“Bulan Kebaikan Global adalah salah satu cara mewujudkan misi kami, yaitu menginspirasi dan memelihara semangat kemanusiaan. Satu orang, satu cangkir, dan satu lingkungan di satu waktu,”
Demikian kata Avolina Raharjanti, Senior General Manager, Corporate Public Relation PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi Starbucks di Indonesia dalam siaran pers yang diterima maleinspire.id.
“Di kegiatan SCYEP yang didukung Starbucks Foundation ini, 150 partner terlibat sebagai sukarelawan untuk memberikan pendampingan terhadap siswa-siswi dalam merintis dan mengembangkan perusahaan siswa atau student company.”
“Terhitung sejak program diluncurkan pada September 2024, partner kami telah berkontribusi 700 jam dalam memberikan pendampingan kepada siswa-siswa ini,” tambahnya.
Bermitra dengan organisasai nirlaba Prestasi Junior Indonesia (PJI), SCYEP memiliki tujuan untuk memberdayakan siswa sekolah menengah dalam menjawab kebutuhan atau tantangan masyarakat.
Selain itu juga, mengajarkan siswa keterampilan praktis dalam memulai dan mengelola bisnis, mengelola keuangan, mengembangkan produk atau layanan, hingga memasarkan usaha mereka.
Program ini melibatkan 275 siswa-siswi dari 10 SMA atau sederajat di 9 kota di Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Jayapura.
Sebagai puncak kegiatan SCYEP, diadakan kompetisi regional antar Perusahaan Siswa, atau Regional Student Company Competition, yang tahun ini mengambil tempat di Auditorium Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta.
Dua tim terbaik akan dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya, termasuk ide produk, strategi pemasaran, keuangan, dan potensi pengembangan.
“Kami percaya semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda harus ditumbuhkan melalui pembelajaran langsung dan pengalaman nyata,” kata Pribadi Setiyanto, Ketua Dewan Pengurus Prestasi Junior Indonesia.
“Melalui kolaborasi bersama The Starbucks Foundation dan Starbucks Indonesia, program ini menjadi ruang bagi siswa untuk menggali potensi, kreativitas, dan keterampilan bisnis yang relevan di dunia kerja masa depan.”
“Kami bangga melihat transformasi para peserta menjadi pengusaha muda yang percaya diri, inovatif, dan siap memberikan kontribusi positif bagi komunitas mereka,” ujarnya lagi.