OMRON Mempermudah Pantau Kesehatan Jantung Melalui Aplikasi

Pemanufaktur alat kesehatan OMRON menghadirkan alat ukur tekanan darah yang terhubung secara nirkabel via BluetoothTM dengan aplikasi untuk memantau kondisi kesehatan jantung berdasarkan hasil pengukuran tekanan darah. Dilengkapi fitur BP Diary (Blood Preasure Diary), aplikasi ini akan menyimpan data tekanan darah penggunanya sehingga bisa dijadikan data acuan ketika akan memeriksakan kesehatan ke dokter atau rumah sakit.

Memantau kondisi kesehatan jantung dapat dilakukan salah satunya dengan rutin memeriksa tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan pemicu utama penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung. Menurut WHO, secara global hipertensi diderita oleh 1,2 miliar orang pada 2019. Di Indonesia, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementrian Kesehatan tahun 2018 menyebutkan, 63 juta lebih penduduk Indonesia menderita hipertensi.

Dari angka prevalensi hipertensi sebesar 34,1 persen, baru 8,8 persen yang terdiagnosis hipertensi dan 13,3 persen dari jumlah itu tidak minum obat serta 32,3 persen tidak rutin minum obat. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar penderita hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya mempunyai hipertensi, sehingga tidak mendapatkan pengobatan.

Hipertensi disebut silent killer disease atau penyakit mematikan yang sering tidak disadari kehadirannya karena sering kali tanpa keluhan. Banyak penderita hipertensi yang baru menyadarinya saat sudah terkena penyakit penyulit atau komplikasi dari hipertensi.

Hipertensi tidak hanya diidap oleh kalangan lanjut usia, tetapi juga kalangan muda dengan prevalensi yang terus meningkat. Data Riskesdas 2013 menunjukkan penderita hipertensi usia 15-24 tahun mencapai 8,7 persen, namun pada Riskesdas 2018, penderita hipertensi naik mencapai 13,2 persen dengan rentang usia yang lebih sempit, yaitu antara 18-24 tahun.

Memantau tekanan darah secara teratur penting dilakukan meski kita merasa sehat, mengingat hipertensi sering kali datang tanpa gejala. Pemeriksaan secara teratur memungkinkan kita untuk mengetahui kondisi tekanan darah dari waktu ke waktu, sehingga memudahkan diagnosa dan menghindarkan kita dari risiko penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, retinopati atau kerusakan retina, penyakit pembuluh darah tepi, gangguan saraf, serta gangguan otak.

Hasil pemeriksaan tekanan darah perlu dianalisa untuk mendapatkan gambaran mengenai kondisi kesehatan jantung. Proses analisa ini kini semakin praktis dengan hadirnya aplikasi OMRON connect yang terhubung dengan alat ukur tekanan darah yang dapat digunakan secara praktis, kapan saja dan dimana saja.

OMRON BPM tipe 7156T, 7142T, dan 7143T hadir di Indonesia untuk menjawab kebutuhan alat ukur tekanan darah yang dilengkapi konektivitas pintar dengan aplikasi OMRON connect. Konektivitas ini menawarkan fleksibilitas dalam memonitor dan mengelola tekanan darah di smartphone.

Alat ukur yang ideal untuk banyak pengguna dan pemantauan yang akurat, dilengkapi dengan kemampuan mendeteksi fibrasi atrium dengan akurasi yang divalidasi secara klinis sebagai EKG, sehingga dapat diketahui jika dibutuhkan perawatan dini untuk mencegah pembekuan darah, stroke, atau gagal jantung.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pengukuran tekanan darah:

1. Perhatikan cara penggunaan alat yang benar

2. Lakukan secara rileks dan nyaman

3. Mengukur tekanan darah dilakukan 2 kali, beri jarak 1 menit sebelum pengukuran berikutnya.

4. Lakukan pada waktu yang sama, misalnya setiap jam 10.00

5. Pengukuran dilakukan saat tidak sedang stres, nyeri/kesakitan atau tidak nyaman

6. Catat hasilnya setiap kali dilakukan pengukuran

7. Bawa hasil pengukuran saat berkonsultasi ke dokter.

Aplikasi OMRON connect memungkinkan pengguna mendapatkan gambaran terkait analisa hasil pengukuran tekanan darah, sehingga pengguna akan mengetahui bagaimana pengaruh gaya hidup terhadap kesehatan, gambaran kondisi tekanan darah, mengetahui kecenderungan kondisi kesehatan dari waktu ke waktu yang ditampilkan dalam grafik kesehatan, serta fasilitas dialog yang terfokus dengan petugas kesehatan.

Aplikasi OMRON connect menyediakan banyak fitur untuk memantau kesehatan jantung, seperti:

•  Memudahkan sinkronisasi pembacaan dan pengukuran ke smartphone melalui Bluetooth®

•  Membagikan data perkembangan kesehatan via email ke keluarga atau tenaga medis

•  Melacak riwayat kesehatan dengan merekam dan menyimpan data tanpa batas

•  Mendapatkan tampilan lengkap tekanan darah dengan pembacaan sistolik, diastolik, dan denyut nadi

•  Mendapat peringatan saat terdeteksi adanya perubahan penting dalam tekanan darah

•  Menetapkan tujuan aktivitas fisik dan lacak perkembangan

•  Memantau durasi dan kualitas tidur

•  Memantau berat badan dan BMI (indeks massa tubuh)

•  Mengakses histori data kesehatan tambahan seputar tidur, berat badan, EKG, aktivitas, dan lainnya

•  Dapat langsung mengirim data ke smartphone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*