Tips Kulit Tetap Bersinar Meski Musim Penghujan

Memasuki bulan musim penghujan yang melanda di berbagai kota belakangan ini bukan berarti kulit wajah terbebas dari paparan buruk sinar UV dari matahari meski di tengah cuaca yang mendung. Bahkan saat hujan deras dan mendung sekalipun, tetap wajib harus melindungi kulit dengan rutin menggunakan sunscreen atau tabir surya. Ada beberapa alasan mengapa harus tetap menggunakan sunscreen di musim hujan. Berikut  alasan mengapa pentingnya penggunaan sunscreen saat musim penghujan.

Mencegah Kerutan Pada Wajah

Penuaan dini merupakan hal yang tidak bisa dihindari, baik saat musim panas maupun musim hujan. Menggunakan sunscreen bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan yang bisa muncul lebih cepat akibat paparan sinar UV. Selain melindungi kulit, alasan lain mengapa sunscreen wajib dipakai saat hujan adalah karena cuaca yang lembab bisa membuat kulit menjadi lebih cepat kering dan keriput. Terlebih jika memiliki kulit kering, melewatkan penggunaan sunscreen bisa memicu kulit menjadi makin kering, walhasil garis halus pun terlihat makin jelas.

Cuaca Dingin Cepat Menghapus Perlindungan dari Sunscreen

Jika saat cuaca panas kamu harus mengoleskan kembali sunscreen setiap beberapa jam sekali, begitupun saat musim hujan. Pasalnya suhu dingin karena hujan dapat lebih cepat mengikis sunscreen, sehingga tetap perlu re-apply secara rutin. Agar manfaatnya tetap bisa dirasakan, kamu bisa mengoleskannya setiap dua sampai tiga jam sekali, jadi kulit pun tetap terlindungi dari sinar UV.

Sinar UVA mampu menembus awan

dampak buruk sinar UV masih mengikuti kita meskipun cuaca sedang berawan atau hujan, untuk memahaminya, kamu perlu mengetahui bahwa sinar UV yang dipancarkan matahari sendiri memiliki tiga jenis.

  • Sinar UVA

Jenis sinar UV pertama yang dipancarkan oleh matahari adalah sinar UVA, yang memiliki panjang gelombang sekitar 315-400 nm. Dengan panjang gelombang ini, sinar UVA dapat menembus lapisan ozon, awan, hingga sela-sela pintu serta jendela.

  • Sinar UVB

Kedua merupakan sinar UVB, yang memiliki panjang gelombang sekitar 280-315nm. Dengan panjang gelombang yang dimilikinya ini, sinar UVB mash dapat menembus lapisan ozon hingga mencapai bumi. Namun, tidak seperti UVA, sinar UVB tidak mampu menembus lapisan awan ataupun jendela di rumah.

  • Sinar UVC

Sinar UV terakhir yang dipancarkan oleh matahari adalah sinar UVC. Jenis sinar UV ini memiliki gelombang paling pendek dibandingkan UVA dan UVB. Maka dari itu, sinar UVC tidak dapat menyinari hingga bumi. Melalui penjelasan di atas, tentunya kamu menjadi paham bukan mengapa menggunakan sunscreen pada musim hujan mash menjadi hal yang penting? Hal ini disebabkan mash adanya dampak dari sinar UV, terutama UVA yang dapat menembus awan mendung hingga jendela di rumah sehingga kulit mash terpapar risiko buruk dari sinar UV.

Risiko Kanker Kulit Tetap Ada Meski Hujan

Kanker merupakan penyakit yang bisa muncul kapanpun akibat gaya hidup yang tidak sehat, termasuk tidak menggunakan sunscreen. Matahari yang tertutup awan karena hujan bukan berarti sinar UV dan efek berbahayanya menjadi berkurang. Bahkan 80 persen sinar UV matahari masih dapat menembus awan, yang mana hal ini berisiko meningkatkan terjadinya kanker kulit. Perlu diketahui bahwa 90 persen kanker kulit non-melanoma telah dikaitkan dengan paparan sinar UV dari sinar matahari, artinya kamu harus menggunakan sunscreen setiap hari. Kandungan sun protection factor (SPF) pada sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UVB yang merupakan penyebab utama kulit terbakar, rusak, dan kontributor signifikan kanker.

Pemilihan Sunscreen yang tepat untuk kulit

Untuk mendapatkan perlindungan UV yang maksimal, Aqua+ series  Multi-Protection Sunscreen SPF 50+ yang memiliki berbagai kandungan untuk melindungi kulit wajah dari efek buruk paparan UVA, UVB dan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Lebih dari itu Aqua+ series  Multi-Protection Sunscreen SPF 50+ dapat membantu elastisitas kulit dan mengurangi kerutan yang membuat kulit kusam.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang inovasi dan teknologi terbaru yang digunakan Aqua+ series silakan kunjungi situs resmi dari Aqua+ series Indonesia di https://aquaplus.id/ atau melalui berbagai kanal media sosial: Instagram aquaplusindonesia, Facebook Aqua+ Series Indonesia dan TikTok Aqua Plus Series.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*