Dukung Hak Anak di SOS Children’s Villages Melalui Indahnya Alunan Simfoni

Dalam rangka hari jadi SOS Children’s Villages Indonesia ke-50 tahun serta Hari Kebangkitan Pancasila, pada 1 Oktober 2022 SOS Children’s Villages di Jakarta kedatangan tamu spesial yaitu Addie MS beserta Twilite Orchestra. Kehadiran Addie MS bersama Twilite Orchestra membawa misi luar biasa yaitu memperkenalkan anak-anak SOS Children’s Villages kepada simfoni musik, yang mana anak-anak bisa melihat langsung beberapa alat musik dimainkan bersama dalam suatu kesatuan dan menghasilkan harmoni yang indah. Selain itu, Addie MS juga ingin mengajak masyarakat lebih mengenal SOS Children’s Villages dan mendukung pemenuhan hak-hak anak di SOS Children’s Villages melalui  live donation.

SOS Children’s Villages merupakan organisasi yang fokus pada pengasuhan alternatif berbasis keluarga dan penguatan keluarga rentan, serta berkomitmen untuk aktif menyuarakan pemenuhan hak- hak anak. Selama 50 tahun berdiri di Indonesia, SOS Children’s Villages memastikan anak-anak yang dibesarkan dalam pengasuhan berkualitas sehingga anak-anak mendapatkan pendidikan yang baik dan peningkatan kapasitas yang mereka butuhkan. Total terdapat 1.100 anak yang kehilangan pengasuhan orang tua dibesarkan dan 6.300 anak dalam keluarga rentan didampingi SOS Children’s Villages di 11 kota di Indonesia.

Simfoni Addie MS bersama Twilite Orchestra dilangsungkan di pendopo SOS Children’s Villages di Jakarta dan dapat disaksikan secara online melalui fitur Live di akun Instagram @desaanaksos dan di akun Youtube SOS Children’s Villages Indonesia pada Sabtu, 1 Oktober 2022 pukul 11.00 – 12.00 WIB. Acara dibuka dengan penampilan dari Christo Mahendra dan teman-teman yang kompak membawakan instrumental perkusi. Mereka adalah anak-anak dalam asuhan SOS Children’s Villages yang berprestasi di bidang seni. Christo sendiri merupakan salah satu semi-finalist Asia’s Got Talent 2017 dan belajar piano secara otodidak dari sang Ibu yang merawatnya sejak bayi. Kisah Christo merupakan salah satu wujud nyata SOS Children’s Villlages mendukung dan mengarahkan minat bakat masing-masing anak hingga mereka bisa meraih potensi tertinggi di dalam diri mereka.

Selanjutnya, simfoni Addie MS dan Twilite Orchestra yang mengangkat tema Kesaktian Pancasila tampil membawakan lagu-lagu nasional yaitu Indonesia Raya, Mars Pancasila, Tanah Airku, dan Bangun Pemuda-Pemudi. Kemudian penampilan dilanjutkan dengan beberapa lagu daerah Indonesia seperti Rasa Sayange dan Manuk Dadali. Anak-anak di SOS Children’s Villages turut riang dan bernyanyi bersama alunan orkestra. Pada kesempatan tersebut, Addie MS beserta Twilite Orchestra juga memperkenalkan beragam alat musik yang dimainkan pada mini orkestra hari itu seperti biola, selo, kontrabas, harpa, clarinet, terompet, saxofon hingga vibrafon.

“Hadir dan membawa persembahan musik bagi anak-anak merupakan hal yang luar biasa bagi saya dan Twilite Orchestra. Melihat anak-anak bergembira dan bernyanyi adalah suatu kebahagiaan yang tidak tergambarkan.  Selain itu, kegiatan ini merupakan suatu kebanggaan bagi saya bahwa dengan musik, saya bisa mengundang banyak orang untuk berbagi dan melakukan kebaikan bersama. Semoga anak- anak di SOS Children’s Villages Indonesia bisa tumbuh dengan percaya diri untuk meraih impian dan cita-citanya. Kedepannya saya berharap semoga lebih banyak lagi orang baik yang juga bisa turun tangan membantu anak-anak Indonesia, merekalah masa depan bangsa kita,” ujar Addie MS.

Bersamaan dengan berlangsungnya simfoni Addie MS dan Twilite Orchestra, live donation dilakukan agar para hadirin yang datang maupun yang menonton melalui siaran langsung di akun Instagram dan Youtube SOS Children’s Villages dapat berdonasi melalui link donasi yang tersedia atau dengan memindai QR Code yang terdapat di layar. Hasil donasi yang terkumpul akan digunakan untuk pemenuhan hak dasar dan pengasuhan yang berkualitas baik dari pendidikan, kesehatan, maupun perkembangan bagi anak-anak di SOS Children’s Villages.

Menanggapi kegiatan ini, Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages mengatakan, “Suatu kehormatan bagi kami di SOS Children’s Villages menerima kehadiran Bapak Addie MS dan tim Twilite Orchestra. Tidak hanya alunan musiknya saja yang indah namun kebaikan yang dibawa juga tidak kalah indahnya. Terima kasih banyak telah berbagi dengan anak-anak kami, memberikan perspektif baru bagi mereka melalui musik. Semoga dengan kehadiran Bapak Addie MS dan tim Twilite Orchestra hari ini, anak-anak bisa belajar sesuatu yang baru dan terinspirasi untuk mencapai cita-citanya. Terima kasih kepada orang-orang baik yang telah mendukung SOS Children’s Villages di Indonesia. Di 50 tahun usia kami sekarang dan di tahun-tahun yang akan datang, kami berharap bisa terus berkomitmen dalam mewujudkan pemenuhan hak-hak anak Indonesia.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*