FICO Memberdayakan Bisnis di Indonesia dengan Platform Cloud Industri Terkemukanya

 FICO, sebuah perusahaan global terkemuka penyedia perangkat lunak analitik tingkat lanjut, hari ini mengumumkan peluncuran resmi platform berbasis komputasi awan terdepan di Indonesia. Melalui peluncuran ini, FICO menegaskan komitmennya di Indonesia setelah lebih dari satu dekade melayani pasar dengan solusi on-premise dan hosted yang canggih. Teknologi yang dihadirkan di Platform FICO® siap untuk menyokong lanskap bisnis dengan menyediakan analisis tingkat lanjut dan kemampuan kecerdasan buatan untuk meningkatkan pertumbuhan, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan memungkinkan transformasi perusahaan.

“Bank, lembaga jasa keuangan (LJK), perusahaan asuransi, perusahaan telekomunikasi, perusahaan utilitas, dan banyak bisnis lainnya di Indonesia nantinya dapat memanfaatkan platform yang terdiri dari perangkat dan teknologi yang telah terbukti dan dipatenkan untuk mengambil keputusan berdasarkan data dengan penuh keyakinan,” kata Dattu Kompella, Managing Director FICO di Asia. “Dalam lanskap bisnis Indonesia yang dinamis, kami melihat adanya potensi yang luar biasa. Dengan Platform FICO®, bisnis lokal dapat memperoleh wawasan yang tak ternilai, mengoptimalkan operasional, mencapai hasil bisnis yang berdampak, memperkuat hubungan dengan pelanggan, mendorong laju transformasi digital untuk tetap kompetitif, dan meningkatkan pertumbuhan—mencerminkan kesuksesan yang diraih oleh para pelanggan kami di berbagai wilayah dan di seluruh dunia.”

Informasi selengkapnya: https://www.fico.com/en/fico-platform-indonesia Platform FICO® menawarkan beberapa manfaat utama bagi bank dan lembaga jasa keuangan (LJK) di Indonesia:

Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan: Platform FICO memberdayakan pemimpin bisnis untuk memanfaatkan pengetahuan pasar dan wawasan pelanggan mereka, menghasilkan pilihan yang lebih cerdas, kolaborasi yang lebih luas, dan siklus pembelajaran yang lebih cepat untuk menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

Memungkinkan Transformasi Perusahaan: Platform FICO mendukung perusahaan untuk mengoptimalkan produktivitas dan hasil melalui kolaborasi tanpa batas dengan beragam peran dan keahlian. Siklus umpan balik yang intuitif mendorong kinerja tinggi melalui pembelajaran berkelanjutan.

Mendorong Hasil Bisnis yang Strategis: Memastikan keselarasan antara proyek TI dan manajemen KPI sangat penting untuk mencapai tujuan bisnis dengan sukses. Platform FICO memungkinkan manajemen untuk menerjemahkan strategi ke dalam operasional, yang secara signifikan meningkatkan efektivitas.

Perolehan Waktu yang Cepat: Bank dapat menjalankan proyek dengan cepat karena proses instalasi diukur dalam hitungan minggu, bukan dalam hitungan bulan seperti pada solusi on-premise.

Platform FICO® saat ini melihat momentum yang signifikan dalam sektor jasa keuangan. Banyak bank terkemuka dan paling inovatif di dunia memilih platform ini sebagai esensi dari upaya transformasi digital mereka. Di Asia Pasifik, perusahaan-perusahaan seperti ANZ, AGL, Trust Bank, dan masih banyak lagi, telah mencapai hasil bisnis yang luar biasa dengan Platform FICO®.

“FICO telah mencapai pertumbuhan lebih dari 40 persen dari tahun ke tahun selama 14 kuartal berturut-turut untuk Platform FICO®,” tambah Kompella. “Keberhasilan ini berkat inovasi kami yang berfokus penuh pada pelanggan, hal tersebut membuat kami berbeda di industri ini sebagaimana diakui oleh para analis industri terkemuka.”

FICO dinobatkan sebagai yang terdepan oleh The Forrester WaveTM: AI Decisioning Platforms, Q2 2023

Berpacu Menuju Puncak: Riset Forrester Menunjukkan Pentingnya Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Menurut studi Forrester Consulting baru-baru ini yang diprakarsai oleh FICO, dikenal sebagai studi Current State of Advanced Analytics Adoption, meningkatkan pengalaman pelanggan merupakan prioritas utama bagi tiga dari empat pengambil keputusan industri di Indonesia. Studi ini juga mengungkapkan bahwa lembaga jasa keuangan yang telah menerapkan atau memperluas penggunaan teknologi analisis tingkat lanjut cenderung mengalami peningkatan akuisisi pelanggan, peningkatan profitabilitas, dan peningkatan pemenuhan kepatuhan.

“Indonesia memiliki sektor perbankan dan jasa keuangan yang berkembang pesat, serta terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang paham digital,” ujar Kompella. “Terdapat persaingan untuk menjadi yang terdepan dalam hal pengalaman pelanggan karena para pemberi pinjaman dapat melihat manfaat bisnis yang jelas dari keberhasilan mengoperasionalkan kecerdasan buatan, otomatisasi keputusan, dan simulasi hasil bisnis.”

Superbank Indonesia memilih Platform FICO®

Superbank, bank baru yang didukung oleh Grab, Emtek, dan Singtel–telah memilih Platform FICO® untuk meningkatkan layanan digitalnya dan memperluas jangkauan layanannya, dimulai dengan proses orientasi yang mulus. Superbank ingin memanfaatkan sumber daya data, teknologi, dan jaringannya yang luas untuk melayani masyarakat yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia dengan menyediakan produk keuangan yang sederhana, transparan, dan fleksibel.

“Dengan memanfaatkan kemampuan pengambilan keputusan yang nyaris instan dari Platform FICO®, kami akan memiliki kecepatan yang dibutuhkan untuk beroperasi setelah kami menyelesaikan transformasi kami menjadi bank dengan layanan berbasis digital,” kata Sukiwan, Chief Business Officer Superbank. “Kecepatan waktu untuk mendapatkan nilai yang ditawarkan oleh platform ini akan memungkinkan kami untuk dengan cepat memberikan produk dan layanan keuangan yang inovatif kepada para nasabah kami, memastikan kami tetap menjadi yang terdepan dalam lanskap digital yang serba cepat ini.”

Keamanan, Kecepatan, dan Ketangguhan

Platform FICO® beroperasi di Amazon Web Services (AWS) dan menawarkan banyak fitur yang membedakannya dari para pesaing. Keamanan menjadi prioritas dengan protokol enkripsi canggih dan kontrol akses yang ketat, memastikan perlindungan maksimal terhadap data sensitif. Infrastruktur komputasi awan mutakhir dari platform ini memfasilitasi pengolahan dan analisis secepat kilat terhadap volume data yang sangat besar, memberdayakan bisnis untuk mengambil keputusan secara real-time. Dengan infrastruktur yang dapat disesuaikan dan kemampuan komputasi yang kuat, Platform FICO® memastikan agar perusahaan dapat memanfaatkan potensi penuh dari kecerdasan buatan dan analisis tingkat lanjut untuk tetap unggul di pasar yang semakin kompetitif.

“Platform FICO® ditujukan untuk membantu bisnis agar sukses dan memberikan dampak positif bagi perusahaan dan pelanggannya,” tegas Kompella. “Di FICO, kami sangat bangga dapat menghadirkan kecerdasan terapan ke pasar Indonesia untuk mendorong nilai nyata dan hasil yang signifikan.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*