Starbucks Barista Championship Umumkan Barista Terbaik 2025

MALEINSPIRE.id – Setelah berlangsung selama lima hari sejak 12 Februari 2025 di Lower Ground, Atrium East Mall, Grand Indonesia Jakarta, Starbucks bersama MilkLife mengumumkan pemenang Starbucks Barista Championship 2025.

Melalui tahapan panjang dengan menyisihkan lebih kurang 500 barista berbakat dari seluruh gerai Starbucks di penjuru negeri, Gregorius Michael dari Starbucks Reserve Glaxy Mall 3 Surabaya menjadi pemenang pertama.

Sementara itu, I Gusti Putu Bagus Krishna Dwipayana dari Starbucks Reserve Dewata Bali dan Cevin Jaka Hardo dari Starbucks Menteng Huis berada di posisi kedua dan ketiga.

Liryawati, COO PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi resmi Starbucks di Tanah Air mengungkapkan bahwa semangat kebersamaan terlihat melalui presentasi dan kemahiran tiap peserta dalam meracik kopi selama kompetisi.

“Kesembilan finalis kita telah merepresentasikan tujuan perusahaan di balik kompetisi ini, yaitu menempatkan bakat-bakat muda terbaik Indonesia di kalangan internasional,” katanya dalam siaran pers yang diterima maleinspire.id.

“Selain itu, ajang kompetisi ini membuktikan kontribusi kita dalam menyediakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian negeri dengan mengangkat kopi Sumatra, serta terus menjadi pembeli terbesar kopi Arabika Indonesia bagi Starbucks di seluruh dunia.”

Lebih lanjut, ia percaya pada kekuatan hubungan antar manusia, di mana secangkir kopi dapat menyatukan orang-orang.

“Hari ini kita menyaksikan sendiri bahwa kopi bisa menyatukan kita bersama dan Greg dengan keahliannya menunjukkan hal tersebut sangat baik.”

“Sehingga, bisa kita umumkan sebagai juara Starbucks Barista Championship tahun ini dan akan menjadi perwakilan Indonesia di tingkat Asia dan, mudah-mudahan tingkat dunia,” tambahnya.

CEO Savoria Group dari MilkLife, Ihsan Mulia Putri turut berkomentar mengenai kesuksesan acara ini.

“Barista-barista dalam kompetisi ini menciptakan kreasi terbaik mereka dengan dukungan susu berkualitas tinggi dari MilkLife, yang diproduksi di Indonesia dan dibuat oleh orang Indonesia.”

“Sungguh kebanggaan ketika kami juga bisa berperan penting dalam perjalanan mereka dan membawa harum nama Indonesia di tingkat kompetisi internasional. Semoga perjalanan kita bersama membangun Indonesia tidak berhenti sampai di sini,” ujar dia.

Sang pemenang, Gregorius Michael dalam presentasinya saat kompetisi berbicara tentang perspektif berbeda dari seorang barista untuk menyajikan kopi terbaik melalui nilai yang ia pelajari.

Ia juga berbicara soal meningkatkan pengalaman dengan merasakan nilai craft, courage, dan joy yang merupakan nilai-nilai yang dianut oleh Starbucks.

“Dari nilai-nilai ini kita memahami cara kita sendiri untuk menyajikan secangkir kopi,” papar Greg.

“Ini bukan tentang kesempurnaan, melainkan tentang kemauan untuk belajar dan menemukan kebahagiaan dalam setiap proses.”

Selain kompetisi, rangkaian acara Starbucks Barista Championship 2025 juga menampilkan sesi Masterclass, Talkshow menarik tentang kopi dan susu, serta kompetisi Latte Art Throwdown yang terbuka untuk umum.