
MALEINSPIRE.id – Typo merupakan hal yang sering terjadi dalam berkomunikasi di dunia maya. Tak jarang pula, typo menimbulkan salah paham bagi penerima pesan.
Typo termasuk istilah gaul yang diambil dari bahasa Inggris. Kepopuleran kata typo tidak lepas dari peningkatan penggunaan media komunikasi elektronik.
Biasanya, typo terjadi ketika seseorang salah menuliskan satu atau beberapa huruf dalam pesan singkat yang dikirimkan.
Berdasarkan definisi dari laman Cambridge Dictionary, typo merujuk pada kesalahan kecil pada teks yang dibuat saat diketik atau dicetak.
Saat typo, perbedaan huruf dalam kata ini sendiri sangat berpengaruh besar pada arti yang disampaikan. Kita ambil contoh kata ‘kelapa’.
Dalam pesan singkat, kita barangkali hendak menuliskan “saya mau memotong kelapa”. Namun karena terjadi typo, sehingga kata itu berubah yang seharusnya kelapa menjadi kepala.
Alhasil, kalimat yang dituliskan berbunyi “Saya mau memotong kepala”.
Jika penerima pesan adalah saudara atau teman yang sudah mengenal kebiasaan kita yang suka typo saat melakukan chat, mereka mungkin akan memaklumi hal itu, atau bahkan bercanda soal kebiasaan typo kita.
Namun lain halnya apabila yang membaca pesan tersebut tidak mengetahui kebiasaan tersebut.
Bisa jadi, mereka akan salah paham dan bingung. Ditambah lagi, komunikasi via chat terkadang tidak menyertakan konteks secara lengkap.
Terkait penggunaan istilah typo, dalam Bahasa Indonesia ada istilahnya sendiri. Istilah itu adalah ‘Saltik’. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), saltik didefinisikan sebagai salah ketik.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya typo, yaitu:
- Menurunnya fokus ketika mengetik
- Terlalu cepat mengetik
- Tidak tahu tentang apa yang diketik
- Tidak memeriksa ulang dengan cermat
- Ada gangguan pola pikir atau kerja otak tidak berjalan baik
- Kesalahan perangkat yang digunakan
- Pengaturan auto text atau auto correct pada device
Sebelum mengetik pesan singkat, ada baiknya memperhatikan seluruh faktor di atas. Terlebih, jika pesan tersebut bersifat profesional yang ditujukan kepada atasan atau rekan kerja di kantor.