Waspadai, Kebiasaan yang Memicu Gagal Ginjal di Usia Muda

MALE INSPIRE.id – Penyakit gagal ginjal bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia.

Gagal ginjal adalah kondisi di mana salah satu atau kedua ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kondisi tersebut bisa berkembang secara perlahan (kronis), berkembang secara tiba-tiba atau menjadi akut.

Dikutip laman CNBC, laporan yang dimuat dalam American Journal of Kidney Diseases menemukan bahwa jumlah orang dewasa berusia 30 tahun ke atas yang memiliki penyakit ginjal kronis diprediksi meningkat dari 13,2 persen pada 2015 menjadi 16,7 persen di tahun 2030.

Baca juga: OMRON Mempermudah Pantau Kesehatan Jantung Melalui Aplikasi

Selama tahap awal, sekitar 9 dari 10 individu tidak menyadari jika mereka menderita penyakit ginjal kronis.

Jika penyakit ginjal terdeteksi sejak dini dan ditangani dengan benar, masalah serius dapat dihindari. Namun setelah gagal ginjal sampai dalam tahap yang parah, pasien kemungkinan harus menjalani prosedur transplantasi ginjal.

Faktor utama pemicu gagal ginjal

Ada tiga penyebab utama yang diduga dapat meningkatkan risiko gagal ginjal kronis, yakni tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi.

Sementara itu, merokok, obesitas, dan konsumsi obat anti-inflamasi yang dijual bebas –seperti ibuprofen– bisa memperburuk fungsi ginjal dari waktu ke waktu.

“Hampir 40 persen dari semua kasus penyakit ginjal kronis disebabkan oleh diabetes yang tidak terkontrol,” tutur Dr Vijay Kher, ketua Fortis Escorts Kidney and Urology Institute.

“Sebanyak 10-15 persen kasus lainnya disebabkan oleh hipertensi yang tidak terkendali.”

Baca juga: Bahaya Begadang yang Mungkin Pria Sering Lupakan

Malas bergerak karena rutinitas yang sibuk

Ketika rutinitas harian menjadi lebih sibuk, banyak orang malas bergerak dan lebih rentan stress. Akibatnya, kasus hipertensi dan tekanan darah tinggi meningkat dan hal itu bisa berbahaya bagi ginjal.

Di samping itu, infeksi saluran kemih (ISK) atau batu ginjal yang tidak diobati juga dapat menyebabkan gagal ginjal dini.

Baca juga: 3 Minuman yang bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ubah gaya hidup

Sejatinya, kita dapat mencegah penyakit gagal ginjal dengan mengikuti kebiasaan gaya hidup sehat. Mulai dari mengonsumsi makanan rendah garam, rajin berolahraga ringan, berhenti merokok, dan mengurangi konsumsi minuman beralkohol.

Khusus bagi individu yang menderita tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, atau penyakit jantung, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ginjal setidaknya setahun sekali.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*