5 Langkah Meraih Kesejahteraan Finansial demi Masa Depan

MALE INSPIRE.id – Kesejahteraan finansial didefinisikan sebagai kondisi di mana seseorang mampu memenuhi pengeluaran dan memiliki sisa uang, memegang kendali atas keuangan, serta merasa aman secara finansial.

Demi mencapai kesejahteraan finansial, dibutuhkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan keuangan yang baik serta perencanaan strategis.

Perusahaan asuransi dan jasa keuangan, Manulife Indonesia membeberkan tips agar kita dapat memperoleh kesejahteraan finansial, yang membuat hidup kita menjadi lebih baik di masa depan nanti.

Baca juga: Hadirkan Produk Asuransi, Yup Perluas Akses Asuransi Digital kepada Masyarakat

Menyusun rencana keuangan

Mulailah mengevaluasi situasi keuangan saat ini, termasuk pendapatan, pengeluaran, aset, dan kewajiban.

Tetapkan tujuan keuangan yang jelas, seperti menabung untuk masa pensiun, membeli rumah, atau menyiapkan dana darurat.

Rencana keuangan yang terstruktur dengan baik membuat Anda dapat mengambil keputusan keuangan sehingga mencapai tujuan finansial yang diinginkan.

Membuat anggaran dan menabung

Buatlah anggaran yang realistis, mencakup semua pendapatan dan pengeluaran Anda. Prioritaskan pengeluaran penting seperti sandang, pangan, papan. Setelah itu, siapkan dana untuk tabungan dan pembayaran utang.

Jangan lupa menyisihkan dana darurat sedikitnya tiga hingga enam bulan biaya hidup untuk mengatasi biaya tak terduga tanpa mengganggu stabilitas keuangan.

Baca juga: Qoala Plus jadi Solusi Akses Asuransi Masyarakat di Sumatera

Bersiap menghadapi peristiwa tak terduga

Banyak peristiwa yang tidak dapat diduga, seperti sakit, kehilangan pekerjaan atau bahkan kematian. Mengelola risiko-risiko ini dengan bijak dapat mencegah kebutuhan akan utang.

Asuransi berperan penting dalam perencanaan keuangan dengan memberikan perlindungan terhadap situasi yang tidak pasti.

Setiap tahun, biaya kesehatan dan pengobatan terus meningkat. Menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), klaim asuransi kesehatan meningkat dalam tiga tahun terakhir hampir 30 persen akibat inflasi medis.

Jika Anda tidak memiliki asuransi, peristiwa tak terduga akan membebani keuangan pribadi Anda.

Berinvestasi

Investasi adalah kunci untuk membangun aset dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Jika memungkinkan, mulailah berinvestasi di berbagai kelas aset, seperti saham, obligasi, dan properti untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan.

Baca juga: 5 Alasan Penting Mengapa Anda Wajib Miliki Asuransi

Anda juga dapat mempertimbangkan penasihat keuangan untuk mengembangkan strategi investasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan profil risiko Anda.

Merencanakan masa pensiun

Terakhir, pastikan menjaga stabilitas keuangan di hari tua dengan berkontribusi secara teratur ke akun pensiun seperti program pensiun seperti Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) atau program pensiun swasta.

Dengan perencanaan ini, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan pendidikan anak-anak ketika Anda sudah tidak bekerja.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*