Waspada Bahaya yang Mengintai saat Gunakan Aplikasi Telegram

MALE INSPIRE.id – Banyak orang menilai, Telegram merupakan salah satu aplikasi pesan singkat yang aman untuk digunakan.

Anggapan itu cukup berdasar, mengingat aplikasi Telegram dibekali beberapa fitur keamanan. Sebutlah enkripsi end-to-end saat melakukan panggilan, menghapus pesan otomatis dalam Secret Chat, dan enkripsi yang menawarkan proteksi tambahan terhadap ancaman dari luar.

Meski demikian, aplikasi Telegram bukan tanpa cela. Kita perlu mewaspadai bahaya atau risiko yang mengintai dari aplikasi tersebut. Apa saja?

Baca juga: Perkembangan Pesat Alomedika Sebagai Platform Komunitas Digital Dokter Terbesar

1. Banyak bot

Telegram memungkinkan pihak ketiga untuk membuat bot dan menegaskan mereka tidak mengelola bot yang tidak dibuat oleh perusahaan.

Sayangnya, fitur itu kerap dimanfaatkan oknum untuk membuat bot penipuan seperti iklan palsu, pesan otomatis dan banyak lagi. Tidak semua bot berbahaya, namun ada beberapa yang bisa mengambil uang dari rekening pengguna.

2. Tautan phising

Phising termasuk salah satu jenis penipuan tertua di internet, dan Telegram tidak luput dari ancaman itu. Melalui phising, oknum penipu biasanya akan mengirim sebuah tautan dan berusaha meyakinkan korban agar meng-klik tautan tersebut.

Jenis tautan yang umum digunakan untuk phising adalah tautan suatu produk, tautan untuk registrasi akun dan pembayaran.

Baca juga: Tablet Aman Sahabat Anak dari HUAWEI Resmi Diluncurkan

3. Grup investasi bodong

Beberapa pengguna Reddit melaporkan mereka tiba-tiba diundang ke sebuah grup investasi dan mata uang kripto di aplikasi Telegram.

Biasanya, oknum dalam grup itu akan menjanjikan hasil yang besar kepada target atau korbannya apabila mau berinvestasi. Cara seperti ini juga sering dipakai oknum di grup WhatsApp, sehingga kita perlu ekstra waspada.

4. Berpura-pura sebagai kenalan

Ancaman berikutnya yaitu metode penipuan dengan berpura-pura sebagai seseorang yang Anda kenal. Oknum penipu biasanya akan berpura-pura menjadi teman atau anggota keluarga Anda dan mengatakan jika mereka sedang dalam masalah.

Oknum tersebut beraksi dengan berbasa-basi terlebih dahulu sebelum meminta Anda mengirimkan uang, meski tak sedikit pula yang langsung meminta uang dengan alasan kondisi terdesak.

Baca juga: Alodokter Hadirkan Layanan Kesehatan Ke Rumah Nyaman & Lengkap

5. Giveaway palsu

Jika Anda tiba-tiba mendapatkan pesan dari nomor asing yang menyebutkan Anda telah memenangkan hadiah –dalam bentuk barang atau uang– harap berhati-hati. Besar kemungkinan itu merupakan giveaway palsu.

Setelah menuliskan pesan, oknum penipu seringkali meminta Anda mengirim sejumlah uang jika Anda ingin mengklaim hadiah tersebut. Apabila uang sudah dikirimkan, mereka akan langsung memblokir Anda dan menghilang tanpa jejak.

6. Fake dating

Fake dating adalah modus penipuan di mana oknum akan memperdaya korban seolah-olah mereka mencintai atau ingin mempunyai hubungan lebih jauh dengan korban.

Oknum semacam itu akan sering mengirim pujian atau pernyataan bahwa mereka mencintai Anda. Setelah hubungan terbentuk, oknum bakal meminta Anda mengirimkan uang atau hadiah sebagai bentuk cinta terhadap mereka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*